Jumat 17 Feb 2023 09:34 WIB

Xavi Sebut MU Sudah Kembali ke Level Tertinggi

Barcelona sempat tertinggal dari MU sebelum menyamaka kedudukan 2-2.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Laga Barcelona vs Manchester United pada playoff Liga Europa.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Laga Barcelona vs Manchester United pada playoff Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menilai Manchester United (MU) sudah kembali tampil di level tertinggi dan layak diperhitungkan sebagai salah satu klub top Eropa saat ini. Xavi memberikan penilaian berdasarkan laga timnya kontra MU pada leg pertama partai playoff 16 besar Liga Europa yang berakhir imbang 2-2, Jumat (17/2/2023) dini hari WIB.

Dalam laga di Stadion Camp Nou tersebut, Setan Merah sempat memimpn setelah tertinggal oleh gol Marcos Alonso pada menit ke-50. MU menyamakan kedudukan lewa Marcus Rashford pada menit ke-52 dan mencetak gol kedua setelah Jules Kounde bunuh diri pada menit ke-59.

Baca Juga

Namun, tim tuan rumah bisa kembali mencetak gol pada menit ke-76 via sepakan keras Raphinha dari sisi kiri kotak penalti MU. Xavi pun mengakui, Barcelona melakoni laga berat saat menghadapi United di pertandingan tersebut.

Kondisi ini tidak terlepas dari performa yang ditunjukan MU pada laga tersebut. Setan Merah, ujar eks pelatih Al Sadd, itu sudah kembali menampilkan performa di level tertinggi dan layak diperhitungkan sebagai salah satu klub papan atas Eropa.

''Kami mungkin bisa menang dengan dua peluang terakhir. Namun , kami menghadapi salah satu tim top di Eropa. Saya rasa, Manchester United sudah kembali. Di laga ini, mereka menunjukan versi terbaik dari permainan mereka. Kini, kami harus bisa bersaing saat tampil di Stadion Old Trafford,'' ujar Xavi seperti dilansir Sky Sports, Jumat (17/2/2023).

Seiring dengan kepergian Sir Alex Ferguson pada 2013, MU terus mengalami penurunan performa. Klub tersukses di pentas Liga Primer Inggris itu tercatat hanya mampu meraih empat trofi dalam sembilan musim terakhir. Raihan gelar juara Liga Europa pada 2017 menjadi trofi terakhir Setan Merah.

Bahkan, pada musim lalu, MU harus puas finis di peringkat keenam Liga Primer Inggris dan gagal tampil di pentas Liga Champions. Namun, pada musim ini, MU tercatat menjadi satu-satunya tim asal Inggris yang mampu bertahan di empat kompetisi berbeda.

Erik ten Hag, yang dipecaya menukangi Setan Merah pada awal musim ini, dinilai mampu mengangkat performa Rashford dkk. ''Saya sempat mengucapkan,'selamat' buat Ten Hag, karena dia telah melakukan pekerjaan yang bagus di MU,'' kata Xavi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement