Senin 20 Feb 2023 16:57 WIB

Jelang Vs Guatemala, Shin Tae-yong Fokus Pemulihan Pemain Timnas U-20

Shin tak memiliki waktu banyak untuk mempersiapkan pemain jelang laga vs Guatemala.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong, setelah memimpin latihan di Stadion A Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, belum lama ini.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong, setelah memimpin latihan di Stadion A Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mempersiapkan tim menjelang pertandingan melawan Guatemala pada laga pamungkas Turnamen Mini U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Ia fokus pada pemulihan dan memastikan para pemain berada dalam kondisi baik dan tidak ada yang cedera.

Skuad Garuda gagal meraih hasil positif pada laga terakhir melawan Selandia Baru setelah kalah dengan skor 1-2. Shin pun mengevaluasi kesalahan-kesalahan dari laga tersebut. Sementara itu, Guatemala belum pernah terkalahkan dengan kemenangan identik 3-1 melawan Selandia Baru dan Fiji.

Baca Juga

"Besok pertandingan lawan Guatemala, kita tandingnya kan dua hari sekali ya. Jadi kita latihan hari ini fokusnya ke pemulihan, dan sekalian perbaiki masalah-masalah yang terjadi saat pertandingan lawan Selandia Baru. Jadi saya mempersiapkan para pemain dalam kondisi terbaik dan tidak ada yang cedera," kata Shin Tae-yong, Senin (20/2/2023). "Sangat sayang saja karena starting kita agak kurang 6-7 pemain. Tetapi saya akan mempersiapkan dengan sisa pemain bagaimana membuat starting list dan cadangan yang baik."

Guatemala merupakan tim asal Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF). Tim itu meraih hasil gemilang selama Turnamen Mini U-20. Meskipun bukan kategori tim kuat di wilayahnya, dari segi peringkat, Guatemala berada jauh di atas Indonesia. Guatemala menempati ranking 119 dunia FIFA, sementara Indonesia berada di peringkat ke-151 dunia.

"Guatemala sudah dua kali menang tapi saya akan mempersiapkan dengan baik agar bisa mendapatkan kemenangan," kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku tidak memiliki waktu banyak untuk mempersiapkan pemain jelang pertandingan pamungkas Turnamen Mini U-20 melawan Guatemala. Namun, kata dia, yang terpenting adalah para pemain bisa mengurangi kesalahan-kesalahan di pertandingan sebelumnya.

"Jujur tidak ada waktu banyak untuk mempersiapkan lawan Guatemala seperti apa. Tapi kita fokus ke diri sendiri agar kita bisa mengurangi kesalahan-kesalahan kita, seperti finishing sehingga bisa jadi pertandingan yang baik. Itu yang ditegaskan terus kepada pemain," kata Shin menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement