Rabu 22 Feb 2023 17:05 WIB

Jamu Porto di Leg I 16 Besar Liga Champions, Inter tak Mau Ulangi Kesalahan Musim Lalu

Inter Milan hanya kalah sekali dalam 12 laga kandang di segala kompetisi musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi.
Foto: AP Photo/Luca Bruno
Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Inter Milan memiliki keuntungan tersendiri di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini. La Beneamata akan tampil di depan pendukungnya sendiri di Stadion Giuseppe Meazza saat menjamu Porto, Kamis (22/2/2023) dini hari WIB.

Catatan penampilan Inter Milan di partai kandang pun tidak terlalu buruk. Dari 12 kesempatan terakhir tampil di Stadion Giuseppe Meazza di semua ajang, I Nerazzurri memetik 11 kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan. Torehan kemenangan itu termasuk saat membungkam Barcelona, 1-0, di fase penyisihan grup Liga Champions dan membungkam AC Milan, 1-0, di lanjutan Serie A Liga Italia.

Baca Juga

Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi, menilai, catatan ini menjadi modal berharga anak-anak asuhnya dalam menjamu Porto. Kendati begitu, pelatih asal Italia itu mewanti-wanti para penggawa Inter untuk tidak mengulangi kesalahan serupa pada babak 16 besar Liga Champions musim lalu.

Saat itu, I Nerazzurri gagal melangkah ke babak perempat final Liga Champions lantaran dibekap Liverpool dengan agregat, 1-2. Kegagalan ini tidak terlepas dari kekalahan, 0-2, dari Liverpool di leg pertama. Padahal, di laga tersebut, Inter tampil di Stadion Giuseppe Meazza.

Belajar dari kesalahan tersebut, para penggawa Inter Milan diklaim akan menatap laga kontra Porto dengan kepercayaan diri tinggi. Belum lagi dengan modal kemenangan beruntun I Nerazzurri di tiga laga kandang terakhir di semua ajang.

''Pada musim lalu, kami sebenarnya sudah mempersiapkan diri dengan baik. Tentu saja, ada kekecewaan besar usai kegagalan tersebut. Ada sejumlah penyesalan, terutama hasil di leg pertama. Sejumlah laga membuat Anda semakin kuat dan tumbuh. Saat ini, kami lebih percaya diri dan dalam kondisi yang bagus,'' kata Inzaghi seperti dikutip Football Italia, Rabu (22/2/2023).

Secara khusus, Inzaghi pun mengungkapkan kesiapan para penggawa I Nerazzurri, terutama kondisi Marcelo Brozovic dan Romelu Lukaku. Dua pemain tersebut diketahui sudah mulai pulih dari cedera dan sempat diturunkan kala Inter Milan membungkam Udinesea, 3-1, di laga kontra Udinese, akhir pekan lalu.

Bahkan, Lukaku menyumbang satu gol via eksekusi tendangan penalti di laga tersebut. Penyerang asal Belgia itu pun digadang-gadang bakal tampil sebagai starter di laga nanti. ''Kondisi kebugaran keduanya sudah cukup bagus. Khusus untuk Lukaku, ia sudah menunjukkan tren peningkatan performa,'' kata Inzaghi.

Kendati begitu, mantan pelatih Lazio itu tidak mau begitu saja meremehkan kemampuan Porto. Wakil Portugal tersebut, lanjut Inzaghi, memiliki organisasi permainan yang rapi, ditopang dengan barisan pemain berkualitas, ditambah dengan pengalaman tampil di Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement