Jumat 24 Feb 2023 16:03 WIB

Resmi Pensiun dari Timnas, Berikut Rekor dan Prestasi Sergio Ramos

Pelatih Timnas Spanyol, De La Fuente, memastikan Sergio Ramos tidak masuk rencananya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Didi Purwadi
Sergio Ramos dari PSG merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya.
Foto: AP/Ariel Schalit
Sergio Ramos dari PSG merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Selesai sudah petualangan Sergio Ramos bersama tim nasional Spanyol. Bek yang kini berkostum Paris Saint Germain itu memutuskan pensiun dari La Roja.

Nasib Ramos sempat digantung dalam dua tahun terakhir. Sejak era Luis Enrique, ia tak lagi dilirik. Ia tak dipanggil ketika timnasnya mentas di Piala Eropa 2020 dan Piala Dunia 2022.

Mantan kapten Real Madrid itu bersabar. Kebetulan, Spanyol mengalami pergantian kepelatihan. Tak ada lagi sosok Enrique di sana.

Kini muncul tokoh baru bernama Luis dela Fuente. Rupanya kehadiran De La Fuente tak bisa membuat Ramos balik lagi ke La Roja. Keduanya berbicara lewat telepon.

De La Fuente memastikan bek yang bulan depan berusia 37 tahun itu tak masuk rencananya. Ramos lantas gantung sepatu dari tugas internasional. Melalui media sosial pribadi, ia mengumumkan keputusannya.

Apa pun yang terjadi, status Ramos sebagai legenda hidup La Furia Roja tak terbantahkan. Berikut sederet rekor dan prestasi yang sudah ia persembahkan untuk negaranya. 

● Sergio Ramos merupakan pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di timnas Spanyol. Ramos mengoleksi 180 caps dalam balutan kostum La Roja. Selama periode tersebut, sang bek mencetak 23 gol.

● Ramos menjadi kapten timnas Spanyol dalam 52 kesempatan. 

● Sergio Ramos bagian dari timnas Spanyol di era keemasan. Mereka menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010.

● Pada 26 Maret 2005, Ramos menjalani debut bersama timnas senior Spanyol. Saat itu, sang bek berusia 18 tahun 361 hari. Ramos menjadi pemain termuda yang membela La Roja dalam 55 tahun. Setahun berselang, rekornya dipecahkan oleh Cesc Fabregas.

● Pada 22 Maret 2013, Ramos mencapai penampilan ke-100 bersama timnas Spanyol. Ia mencetak gol saat timnya bermain imbang Finlandia 1-1 di Gijon. Saat itu ia menjadi pemain Eropa termuda yang mencapai angka tersebut (100 caps timnas), melewati rekor Lukas Podolski dari Jerman.

● Ramos merupakan pemain yang paling banyak mendapat kartu kuning (24), sepanjang sejarah timnas Spanyol.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement