Jumat 24 Feb 2023 19:19 WIB

Pelatih RB Leipzig Enggan Berikan Restu untuk Kepergian Gvardiol

Josko Gvardiol sempat mengirimkan sinyal kemungkinan hijrah ke Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
Pemain  Leipzig  Josko Gvardiol berselebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya pada pertandingan sepak bola leg pertama babak enam belas Liga Champions UEFA antara RB Leipzig dan Manchester City di Leipzig, Jerman, Kamis (23/2/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Andreas Gora
Pemain Leipzig Josko Gvardiol berselebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya pada pertandingan sepak bola leg pertama babak enam belas Liga Champions UEFA antara RB Leipzig dan Manchester City di Leipzig, Jerman, Kamis (23/2/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Pelatih RB Leipzig, Marco Rose, menegaskan keinginannya untuk tetap bekerjasama dengan Josko Gvardiol pada musim depan. Rose sepertinya bakal menutup semua kemungkinan terkait potensi kepindahan bek tengah asal Kroasia itu pada akhir musim ini.

Bahkan, pelatih asal Jerman itu cukup yakin, Gvardiol tetap memperkuat Die Rotten Bullen pada musim depan. ''Josko Gvardiol akan tetap menjadi pemain RB Leipzig pada musim depan,'' ujar Rose, seperti dikutip 90 Min, Jumat (24/2/2023).

''Dia mungkin sempat mengungkapkan keinginannya untuk merumput di Liga Primer Inggris,'' katanya. ''Tapi, dia tidak menyebut kapan (akan merumput di Inggris).''

Sebelumnya, bek tengah berusia 21 tahun itu sempat mengirimkan sinyal terkait kemungkinan hijrah ke Liga Primer Inggris musim lalu. Gvardiol berharap bisa mengikuti langkah Christopher Nkunku, yang dipastikah bakal hijrah ke Chelsea pada awal musim depan.

Sukses mengantarkan Kroasia finish di peringkat ketiga di gelaran Piala Dunia 2022, Gvardiol mulai menarik minat sejumlah klub besar Eropa, terutama pada kontestan Liga Primer Inggris. Chelsea dan Liverpool disebut-sebut menjadi dua klub paling bernafsu untuk bisa mendatangkan salah satu pemain muda paling bersinar di Piala Dunia 2022 tersebut.

Direkrut dari Dinamo Zagreb pada awal musim lalu, Gvardiol tidak membutuhan waktu lama untuk menjelma menjadi pemain andalan di lini belakang Die Rotten Bullen. Tampil di 46 laga dan menyumbang dua gol, Gvardiol mempersembahkan titel DFB Pokal pada musim debutnya membela RB Leipzig.

Gvardiol pun mampu menjaga konsistensi performa pada musim ini. Hanya dua kali absen hingga sejauh Bundesliga musim ini berjalan, Gvardiol tercatat sudah mengemas 27 penampilan dan menyumbang dua gol di semua ajang. Terakhir, Gvardiol berhasil merobek gawang Manchester City di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, awal pekan ini.

Minat klub-klub lain terhadap Gvardiol ini ternyata sudah diantisipasi oleh manajemen RB Leipzig. Ujungnya, manajemen Die Rotten Bullen menawarkan perpanjang kontrak buat Gvardiol pada September 2022 silam. Gvardiol pun masih terikat kontrak bersama RB Leipzig hingga Juni 2027 mendatang.

Direktur Olahraga RB Leipzig, Max Eberl, juga sempat mengungkapkan rencana Die Rotten Bullen terkait kelanjutan kiprah Gvardiol bersama tim utama. RB Leipzig kemungkinan besar akan menolak setiap tawaran yang datang dari klub lain untuk merekrut Gvardiol pada jendela transfer akhir musim ini dan musim depan.

''Tidak ada dalam niat ataupun rencana kami untuk melepasnya pada musim panas 2024 mendatang. Selepas dari itu, kami tidak bisa menjanjikan apa-apa. Namun, kami rencana yang jelas terhadapnya dalam satu setengah tahun mendatang,'' kata Eberl.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement