Jumat 24 Feb 2023 20:01 WIB

FIFA Danai Pembangunan Training Center Timnas di IKN

Pembangunan training center timnas diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Didi Purwadi
Presiden Joko Widodo menegaskan pusat pelatihan (Training Center) bagi Timnas Sepak Bola Indonesia akan segera dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Foto: BPMI Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menegaskan pusat pelatihan (Training Center) bagi Timnas Sepak Bola Indonesia akan segera dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM PASER UTARA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan membiayai pembangunan pusat latihan atau training center di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendukung persepakbolaan Indonesia. Ia menilai hal tersebut merupakan bukti kepercayaan internasional terhadap pembangunan IKN.

“Ini akan dibiayai oleh FIFA, menunjukkan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terhadap IKN ini ada,” kata Jokowi dalam keterangannya saat meninjau Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (24/2).

Jokowi mengatakan, nantinya akan terdapat delapan lapangan bola yang akan dibangun untuk tim nasional. Menurut dia, pembangunan lapangan sepak bola ini akan segera dikerjakan dan diharapkan bisa selesai tidak lebih dari satu tahun.

Adapun rencana lokasi pusat latihan tersebut akan dibangun di sub wilayah perencanaan (SWP) 1B IKN. Yakni, wilayah yang diperuntukan untuk area pendidikan dan pemerintahan.

Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga ikut serta meninjau titik lokasi pembangunan training center. Ia mengapresiasi rencana Jokowi untuk membangun pusat latihan sepak bola di IKN.

Ia memastikan pembangunan training center ini akan segera selesai. Sebab, FIFA juga telah menyiapkan anggaran dan tinggal menunggu pelaksanaan pembangunannya.

''Dan ini merupakan sesuatu yang kami pastikan selesai segera, karena dana dari FIFA sudah disiapkan, tinggal proses tanahnya. Jadi, insyaallah kami bangun segera,'' kata dia.

 

Tampak hadir dalam peninjauan ini di antaranya yakni Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono; Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto; Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia; Menteri BUMN, Erick Thohir; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono; dan Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement