Senin 27 Feb 2023 17:06 WIB

Comeback Barito Putera Tumbangkan 10 Pemain Persib Bandung di Liga 1

Barito Putera mencetak dua gol pada babak kedua untuk menaklukkan Persib 2-1.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, Barito Putera mengalahkan Persib Bandung 2-1.
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1, Barito Putera mengalahkan Persib Bandung 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Tiga poin dalam genggaman Persib Bandung lepas saat bersua Barito Putera pada laga pekan ke-27 Liga 1 di Stadion Demang Lehman, Senin (27/3/2023) sore. Sempat unggul 1-0 pada babak pertama, Maung Bandung yang bermain dengan 10 orang pada babak kedua kebobolan dua gol hingga akhirnya menyerah 1-2 dari tuan rumah.

Renan Alves dan Gustavo Tocanntins menjadi mimpi buruk Persib lewat gol mereka pada paruh kedua. Ini menjadi kekalahan pertama Persib Bandung usai meraig dua kemenangan beruntun.

Baca Juga

Dengan kekalahan ini, Persib gagal menempel PSM Makassar di puncak. Maung Bandung mengoleksi nilai 52 dari 26 laga, tertinggal empat poin dari PSM dan unggul satu angka dari Persija di posisi ketiga. Sementara Barito menduduki peringkat ke-16 dengan nilai 25.

Jalannya laga

Persib tidak mau melewatkan kesempatan untuk melanjutkan tren positif saat bertandang ke markas Barito Putera. Tim besutan Luis Milla itu pun langsung tampil agresif dan mencoba mencetak gol cepat. Maung Bandung terus menekan pertahanan tim tuan rumah pada awal babak pertama.

Di sisi lain, Barito Putera mencoba untuk meredam permainan Maung Bandung dengan tampil disiplin. Laskar Antasari, julukan Barito Putera, berupaya mematahkan dominasi Persib Bandung sembari mengembangkan permainan.

Namun, aksi David Da Silva pada menit ke-20 tidak bisa dihentikan oleh barisan pertahanan Barito Putera. Da Silva melepaskan sepekan keras dari dalam kotak penalti Barito Putera usai memanfaatkan sodoran umpan dari Beckham Putra. 

Bola sepakan Da Silva itu meluncur deras ke gawang Barito Putera. Gol ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama dalam laga di Stadion Demang Lehman tersebut. Namun sebelum peluit tanda jeda laga berbunyi, wasit Sance Lawita lebih dulu mengeluarkan kiper Teja pada menit ke-44 karena menghalau bola dengan tangan di luar kotak penalti.

Unggul jumlah pemain, Laskar Antasari langsung menggempur pertahanan tim tamu pada awal babak kedua. Setidaknya dalam 10 menit awal, Barito Putera sudah mendapatkan dua peluang emas, termasuk via sebuah sundulan tepat di depan mulut gawang. Namun, dua pelaung itu masih mampu digagalkan Reky Rahayu, yang menjdi penjaga gawang pengganti Paku Alam.

Pun saat Renan Alves mampu menanduk bola hasil esekusi sepak pojok. Reky sukses menghalau bola tandukan Alves tersebut. Akhirnya upaya tim tuan rumah untuk bisa menyamakan kedudukan berbuah manis pada menit ke-65. Alves benar-benar mencatatkan namanya di papan skor.

Bek tengah Barito Putera itu menanduk bola hasil umpan dari Rizky Pora dari sisi kanan pertahanan Persib. Reky, yang berusaha memotong umpan lambung tersebut, gagal menggapai bola. Alves pun berhasil menanduk bola dan mengarahkan ke gawang yang kosong.

Laskar Antasari berbalik unggul pada menit ke-79. Rizky Pora kembali menjadi arsitek gol Barito Putera pada laga ini. Rizky Pora melepaskan umpan ke dalam kotak penalti dari sisi kanan pertahanan Persib. Bola dari Rizky Pora itu ditanduk dengan begitu sempurna oleh Gustavo Tocantins. 

Bola sundukan Tocantins meluncur tajam di pojok kanan bawah gawang Maung Bandung. Reky, yang tampil apik pada awal babak kedua, gagal menjangkau bola hasil sundulan pemain asal Brasil tersebut. Hingga akhir laga, Barito Putera berhasil mempertahankan keunggulan tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement