Selasa 28 Feb 2023 09:21 WIB

Lionel Messi Kalahkan Mbappe untuk Raih Penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2022

Messi meraih penghargaan FIFA untuk ketujuh kalinya dalam 14 tahun terakhir.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Argentina, Lionel Messi, saat menerima penghargaan pemain pria terbaik FIFA 2022.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Pesepak bola Argentina, Lionel Messi, saat menerima penghargaan pemain pria terbaik FIFA 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara Piala Dunia Lionel Messi mengalahkan Kylian Mbappe lagi, kali ini untuk mendapatkan penghargaan pemain pria terbaik FIFA 2022. Setelah membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 dalam final epik melawan Prancis di Qatar, Messi memenangkan pemilihan pemain terbaik di atas Mbappe dan Karim Benzema.

Messi mengamankan penghargaan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk ketujuh kalinya dalam 14 tahun. Messi menjadi pemain pertama, pria atau wanita, yang memenangkan tujuh penghargaan pemain terbaik FIFA, mengalahkan pemain wanita terbaik enam kali Marta dari Brasil.

Baca Juga

"Ini adalah tahun yang gila bagi saya," kata Messi dikutip dari Fox Sport, Selasa (28/2/2023). "Saya bisa mewujudkan impian (Piala Dunia) saya setelah berjuang begitu lama. Dan pada akhirnya itu terjadi, dan itu adalah hal terindah dalam karier saya. Itu adalah impian setiap pemain, tetapi sangat sedikit yang bisa mencapainya. Jadi saya bersyukur kepada Tuhan karena bisa melakukannya."

Ketiga pemain tersebut masuk dalam nominasi akhir yang dipilih oleh panelis global kapten dan pelatih tim nasional, jurnalis terpilih di masing-masing dari 211 negara anggota FIFA, ditambah penggemar online. Dalam pemungutan suara Penghargaan FIFA, Messi mengumpulkan 52 poin, Mbappe 44, dan Benzema 34.

Messi yang berusia 35 tahun juga mengalahkan Mbappe — yang mencari penghargaan pemain terbaik pertamanya dari FIFA — untuk trofi Bola Emas, yang diberikan oleh FIFA untuk pemain terbaik Piala Dunia. Mbappe mendapatkan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak.

Mbappe, 11 tahun lebih muda dari Messi, pada usia 24 tahun dianggap sebagai pewaris Messi di panggung dunia. Mbappe masuk dalam daftar tiga orang untuk pertama kalinya. Dia berada di urutan keempat dalam pemungutan suara untuk penghargaan 2018, tahun ia memimpin Prancis meraih gelar Piala Dunia di tahun itu.

Sementara bintang Real Madrid, Benzema, memenangkan Ballon d'Or yang lebih bergengsi pada bulan Oktober menjelang Piala Dunia 2022. Penyerang Prancis itu melewatkan turnamen karena cedera. Messi tidak masuk dalam daftar panjang kandidat Ballon d'Or yang diumumkan pada Agustus lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement