Selasa 28 Feb 2023 15:46 WIB

Ronaldo Kwateh Angkat Moral Timnas Indonesia U-20 Jelang Lawan Irak

Indonesia U-20 menghadapi Irak U-20 pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20, besok.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Indonesia U-20 Ronaldo Kwateh (kanan).
Foto: Republika/Edwin Putranto
Penyerang timnas Indonesia U-20 Ronaldo Kwateh (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Irak U-20 pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023 di Stadion Lokomotiv, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). Di atas kertas, Irak memang lebih diunggulkan dibandingkan Indonesia. Namun, striker timnas Indonesia Ronaldo Kwateh mengangkat moral rekan-rekannya dan meminta mereka untuk tak gentar hadapi Irak.

"Pastinya mereka tim yang baik, tapi kita tidak boleh takut sebelum bertanding. Kita lebih baik fokus ke tim kita saja supaya bisa beri yang terbaik," kata Ronaldo dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga

Di atas kertas, Irak memang lebih diunggulkan, tapi bukan berarti Indonesia tidak memiliki peluang untuk meraih kemenangan. Timnas Irak U-20 tercatat telah lima kali menjuarai Piala Asia U-20 yang dimulai sejak tahun 1959. Gelar juara itu diraih Irak pada edisi 1975,1977,1978,1988 dan 2000. 

Namun, skuad Garuda Muda juga sudah melakukan persiapan yang cukup baik menjelang kejuaraan ini. Tim asuhan Shin Tae-yong telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta selama tiga pekan. Arkhan Fikri dan kawan-kawan juga sempat menjajal kekuatan tiga peserta Piala Dunia U-20 2023, yakni Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala, dalam turnamen mini U-20.

Ronaldo kemudian membeberkan kondisi para pemain timnas Indonesia U-20 setelah empat hari berada di Uzbekistan. Menurutnya, proses adaptasi dan aklimatisasi terhadap cuaca dingin di Uzbekistan berjalan lancar. Sebagai informasi, di Kota Tashkent, tempat Indonesia U-20 bermukim, berlatih, dan bertanding, saat ini memiliki suhu di antara 2-14 derajat celcius.

"Puji Tuhan kita bisa sampai sini dengan selamat dan juga di sini cuaca lumayan dingin jadi kita sudah adaptasi. Teman-teman juga sudah mulai enak dari segi nafas dan semuanya, dan semoga kita beradaptasi dengan cepat dan di pertandingan besok bisa lebih baik," ujar Ronaldo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement