Selasa 28 Feb 2023 17:25 WIB

Erick Thohir: Event Piala Dunia U-20 Harus Jadi Momen Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Timnas Indonesia U-20 diharapkan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-20 2023.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengatakan pentas kejuaraan Piala Dunia FIFA U-20 2023 yang digelar di Indonesia harus menjadi momen kebangkitan sepak bola Indonesia. Peningkatan prestasi timnas dan kesuksesan penyelenggaraan yang menjadi tanggung jawab PSSI menjadi target dalam ajang yang akan bergulir 25 Mei hingga 11 Juni itu.

"Pelaksanaan kejuaraan Piala Dunia U-20 ini bertepatan dengan terbentuknya kepengurusan baru PSSI, sehingga tepat jika dijadikan momen kebangkitan. Termasuk juga kebangkitan prestasi timnas, yang kita semua harapkan bisa lolos ke 16 besar," jelas Erick Thohir di Jakarta, Selasa (28/2/2023) pada acara jumpa pers penetapan PT Surya Cipta Media (SCM) sebagai host broadcaster Piala Dunia FIFA U-20 2023.

Baca Juga

Erick menambahkan, peluang melewati penyisihan grup sangat terbuka sepanjang seluruh pemain timnas dan skuad pelatih punya keyakinan akan jalan untuk lolos. Dengan menganalogikan cuaca yang belakangan ini mendung dan kerap turun hujan, Erick optimistis prestasi sepak bola Indonesia akan cerah di pentas yang diikuti 24 negara itu.

"Piala Dunia U-20 ini tak sekadar pertandingan sepak bola untuk dunia dan Indonesia. Ini event terbesar kedua yang dimiliki FIFA dan mampu melahirkan bintang sepak bola masa depan. Banyak negara yang ingin tampil, tapi tidak bisa. Ini pemerataan yang nyata sehingga ada negara yang bukan supremasi sepak bola, tapi bisa ikut. Ini kesempatan besar yang harus kita manfaatkan," lanjut Erick.

Oleh karenanya, pria yang juga Menteri BUMN ini berharap dukungan maksimal dari media, penonton, dan masyarakat terhadap penyelenggaraan dan timnas Merah Putih agar bisa melakukan yang terbaik bagi sepak bola Indonesia.

Sementara itu Direktur PT SCM Sutanto Hartono menyatakan, pelaksanaan ajang olahraga internasional di Tanah Air selalu menaikkan animo masyarakat untuk menikmatinya melalui siaran langsung. 

"Oleh sebab itu, kami berkomitmen di saat ada ajang olahraga dunia di Indonesia, kami harus hadir sebab selalu ada peningkatan kegembiraan dari masyarakat untuk menyaksikannya. Fenomena yang muncul sejak Asian Games 2018 itu yang sukses itu kami pertahankan hingga kini untuk terus menyajikan tontonan olahraga terbaik bagi pemirsa," jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement