Kamis 02 Mar 2023 20:48 WIB

Indra Sjafri tak Terlalu Berharap Elkan Baggott Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2023

Indra Sjafri mempersilakan Elkan fokus dengan kariernya di klub Cheltenham Town.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri tidak berharap Elkan Baggott terlibat pada SEA Games 2023 di Kamboja. Menurutnya akan lebih baik jika Elkan tetap fokus pada kariernya di klub divisi ketiga Liga Inggris, Cheltenham Town. Cheltenham masih akan berlaga di liga domestik hingga 7 Mei 2023.

"Untuk Elkan Baggott saya belum dapat kepastian. Tapi Elkan (Cheltenham) masih bermain sampai 7 Mei. Untuk saya terlalu riskan mengganggu Elkan. Biarkan dia berkompetisi di sana, tapi kalau klubnya mengizinkan ya kita dengan senang hati," kata Indra usai memimpin latihan, Kamis (2/3/2023). 

Baca Juga

Indra telah memanggil sejumlah nama baru dalam daftar 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-22 tahap pertama di Jakarta mulai 1-8 Maret 2023. Hanya beberapa dari mereka yang akan lolos seleksi ke TC tahap kedua pada 9-16 Maret. Pemusatan latihan ini sebagai persiapan menjelang SEA Games 2023 pada 5-17 Mei 2023 di Kamboja. 

Sejatinya, masih ada kesempatan bagi Elkan untuk bergabung dengan timnas Indonesia U-22 di ajang tersebut jika Indra tetap mendaftarkan namanya. Namun, Indra memilih untuk membiarkan Elkan fokus pada kariernya. "Bukan bahasanya menanti, tapi saya tetap memprioritaskan kariernya di klub," kata Indra.

Pemain yang mengikuti TC tahap pertama didominasi oleh merekan yang tidak bermain reguler di klub Liga 1. Indra akan melihat kualitas dari para pemain tersebut dan jika sesuai dengan apa yang diharapkan, maka mereka akan lanjut ke TC tahap kedua pada 9-16 Maret bersama pemain-pemain yang bermain reguler di Liga 1.

"Menurut saya, lebih bagus dia (pemain) main di klub daripada dia TC," kata Indra. "Siapa pun pelatihnya, termasuk coach Shin juga setuju pemain itu besarnya di klub dan di mana pun di dunia, pelatih itu dibesarkan di klub," ujarnya menambahkan.

Dia menilai, saat ini kompetisi Liga 1 sudah berjalan dengan normal. Sebab itu, dia mempersilakan pemain yang bermain reguler di Liga 1 tetap berada di klub mereka. "Jadi kalau dia tidak bermain baru kita panggil, termasuk pemain-pemain dari klub Liga 2," kata Indra.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement