Kamis 02 Mar 2023 23:07 WIB

Hadapi Suriah padaLaga Kedua Grup A Piala Asia U-20, Nico: Mesti Bisa Maksimalkan Peluang

Timnas U-20 wajib menang atas Suriah untuk membuka peluang lolos di Piala Asia U-20.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia U-20 Alfriyanto Nico.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Pemain timnas Indonesia U-20 Alfriyanto Nico.

REPUBLIKA.CO.ID, TASHKENT -- Winger timnas Indonesia U-20 Alfriyanto Nico berharap bisa membawa Garuda Nusantara tampil lebih baik kala menghadapi Suriah pada partai kedua Grup A Piala Asia U-20, Sabtu (4/3/2023) malam WIB. Tim Garuda Nusantara diharapkan bisa memaksimalkan peluang di laga yang bakal digelar di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan.

Pada laga pertama penyisihan Grup A, Indonesia harus mengakui keunggulan Irak 0-2. Tim besutan Shin Tae-yong itu pun terpuruk di dasar klasemen sementara Grup A. Padahal pada laga tersebut Indonesia sempat unggul jumlah pemain usai Charbel Shamoon mendapatkan kartu merah pada pengujung babak pertama.

Baca Juga

Nico mengungkapkan, setidaknya ada tiga aspek yang menjadi bahan evaluasi dari permainan Garuda Nusantara di laga tersebut. Mulai dari kualitas operan, komunikasi antarpemain di atas lapangan, hingga penyelesaian akhir serangan.

''Evaluasi untuk ke depannya, harus benahi masalah passing, komunikasi perlu dijuga, dan masalah finishing, itu yang paling penting,'' kata Nico usai mengikuti latihan timnas Indonesia U-20 di Stadion Bunyodkor, Taskhent, Rabu (2/3/2023) malam WIB.

Aspek-aspek ini pula yang menjadi bahan evaluasi buat timnas U-20 dalam menatap laga kontra Suriah pada partai kedua Grup A. Nico juga berharap, penampilan Garuda Nusantara lebih baik dibanding saat menghadapi Irak, terutama dalam hal memaksimalkan setiap peluang.

''Semoga bisa lebih baik dibanding pertandingan kemarin (kontra Irak), bisa memaksimalkan peluang, dan tidak kebobolan,'' kata pemain berusia 19 tahun tersebut.

Pemain Persija Jakarta itu pun mengakui, suhu dingin di Tashkent ikut mempengaruhi performa. Kendati begitu, Nico menegaskan, para penggawa Garuda Nusantara sudah harus mampu beradaptasi.

"Mau bagaimana lagi, kami harus bisa menyesuaikan diri dengan suhu di sini,'' ujar Nico.

Laga kontra Suriah bisa dibilang menjadi penentu kiprah timnas U-20 di pentas Piala Asia U-20. Seperti halnya Indonesia, Suriah menelan kekalahan di putaran pertama penyisihan Grup A usai dibekap tim tuan rumah 0-2. Tambahan tiga angka pada laga ini menjadi modal berharga buat Garuda Nusantara untuk bisa memperbaiki posisi di klasemen sementara Grup A.

Kemenangan pada laga ini juga dapat mendongkrak kepercayaan diri para penggawa timnas U-20 sebelum menghadapi Uzbekistan pada laga terakhir Grup A, Selasa (7/2/2023) malam WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement