Jumat 03 Mar 2023 12:48 WIB

Indra Sjafri Didampingi Bima Sakti Hingga Kurniawan untuk Tangani Timnas U-22

Langkah yang pertama dilakukan Indra adalah komunikasi dengan pelatih dari klub liga.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri usai memimpin latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (2/3/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri usai memimpin latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indra Sjafri telah ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia U-22 yang akan berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Jadwal timnas Indonesia yang padat di tahun 2023 membuat Indra yang merupakan Direktur Teknik PSSI ditunjuk sebagai pelatih untuk menggantikan posisi Shin Tae-yong yang fokus pada Piala Dunia U-20 2023.

Sejak pertama kali ditunjuk pada awal Februari 2023 lalu, Indra enggan berkomentar banyak atas terkait timnas Indonesia U-22 maupun persiapan menuju SEA Games 2023. Ia masih menunggu keputusan dari kepengurusan PSSI yang baru setelah Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023.

Baca Juga

"Lalu setelah itu, saya menerima karena ada keputusan dari pengurus baru bahwa tim SEA Games dipercaya kepada saya," kata Indra, Kamis (2/3/2023).

Indra mengungkapkan, langkah yang pertama dilakukan adalah berkomunikasi dengan pelatih dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2. Menurutnya, para pelatih tersebut yang paling tahu kondisi teranyar dari para pemain. Setelah itu, Indra membuat peta jalan untuk mempersiapkan timnas Indonesia U-20 menuju SEA Games 2023 di Kamboja pada 5-17 Mei 2023. "Setelah kami berdiskusi kami memutuskan untuk memanggil pemain-pemain yang di luar pemain-pemain yang bermain reguler di Liga 1," ujarnya.

Mantan pelatih timnas Indonesia pada SEA Games 2019 itu kemudian memanggil 34 pemain yang mayoritas diisi oleh nama-nama baru untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai 1-8 Maret 2023. Indra terlihat didampingi oleh tiga pelatih yang memiliki lisensi AFC Pro selama latihan, yakni Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Eko Purdjianto yang bertugas sebagai asistennya.

"Mereka punya lisensi AFC pro. Maka, saya menilai kombinasi ini terbaik. Ada Eko di lini belakang. Ada Bima Sakti, dan Kurniawan," kata Indra menjelaskan. "Dibantu Alex dan Ucok yang kemarin itu bagian dari kepelatihan Coach Shin dan saya pikir ini kolaborasi yang sangat baik."

Mengenai filosofi permainan yang akan diterapkan pada permainan timnas di SEA Games nanti, Indra masih belum bisa menentukannya karena menurutnya itu tergantung pada kualitas yang dimiliki para pemain nanti.

"Kita lihat, pasti tiap pelatih punya game plan sendiri, filosofi sendiri, tapi pasti yang akan menentukan itu kualitas pemain. Oleh sebab itu, pada April baru kita akan mulai bangun tim inti yang akan nanti kita bawa ke SEA Games di Kamboja sebanyak 20 orang," tegas Indra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement