Jumat 03 Mar 2023 15:45 WIB

Kans Liverpool untuk Raih Tiket Liga Champions Ditentukan Empat Laga ke Depan

Liverpool tertinggal enam poin dari posisi keempat yang dihuni oleh Tottenham.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Liverpool
Foto: Peter Byrne/PA via AP
Liverpool

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pundit sepak bola Inggris, Michael Owen membahas peluang Liverpoool menembus zona Liga Champions musim depan. The Reds mulai kembali ke jalur positif di Liga Primer.

Skuad polesan Juergen Klopp tak terkalahkan dalam empat pertandingan di liga domestik. Sebanyak tiga di antaranya berhasil dimenangkan. Hasil demikian membuat kubu Merseyside Merah naik ke posisi keenam klasemen sementara.

Baca Juga

Dengan mengantongi 39 poin, Liverpool hanya tertinggal enam angka dari Tottenham Hotspur di urutan keempat. Mohamed Salah dan rekan-rekan juga bersaing dengan Newcastle United di tangga kelima. Menurut Owen berhasil atau tidaknya the Reds menembus zona top four di klasemen akhir, tergantung dari hasil yang dicapai dalam beberapa laga ke depan.

Klub kota pelabuhan akan menghadapi Manchester United, AFC Bournemouth, Fulham, Manchester City, Chelsea FC, serta Arsenal. Empat di antaranya merupakan partai kelas atas. Tapi intinya sama saja, yakni berjuang untuk mendapatkan tiga poin.

"Jika mereka tidak berada jauh dari posisi empat besar setelah rangkaian pertandingan itu, maka mereka akan melakukannya (menembus zona Liga Champions). Saya yakin itu," kata Owen kepada Premier League Productions, dikutip dari chronilelive.co.uk, Jumat (3/3/2023).

Sebaliknya, andai Liverpool lebih banyak mendapat hasil buruk dalam enam pertandingan ke depan, maka situasi di akhir musim bisa ditebak. Artinya the Reds harus melupakan mimpi lolos ke kompetisi terelite benua biru. 

"Jika mereka tampil buruk, mereka bisa terpaut 10 atau 12 poin (dengan tim peringkat keempat) dalam delapan pertandingan tersisa. Semuanya akan berakhir," ujar Owen menambahkan.

Anak asuh Klopp fokus menjalani setiap laga di depan mata. Mereka enggan memikirkan terlalu jauh ke depan. Berikutnya Liverpool akan bertemu MU.

Bigmatch tersebut bakal berlangsung di Stadion Anfield, menjelang Senin (6/3/2023) dini hari WIB.  Bek tengah the Reds, Virgil Van Dijk mengharapkan atmosfer menggelegar di markas mereka. Pasalnya, lawan yang dihadapi sedang bagus-bagusnya.

"Jelas, kamai harus bekerja keras di lapangan, menghadapi Man United yang sedang dalam performa terbaik," ujar palang pintu berkebangsaan Belanda ini.

Tak berlebihan apa yang dikatakan Van Dijk. Kubu tamu tak terkalahkan dalam 11 partai terakhir di berbagai ajang. Sebanyak sembilan laga di antaranya berhasil dimenangkan. Ini modal berharga bagi the Red Devils jelang lawatan ke kandang sang rival.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement