Jumat 03 Mar 2023 17:06 WIB

Curi Poin di Markas Madura United, Borneo FC Geser Laskar Sape Kerrab

Borneo FC kini menempati peringkat kelima klasemen.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, Borneo FC mengalahkan Madura United 1-0.
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1, Borneo FC mengalahkan Madura United 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Borneo FC mencuri poin penuh saat melawat ke markas Madura United pada laga pekan ke-28 Liga 1, Jumat (3/3/2023) petang. Raihan poin penuh ini dipastikan Pesut Etam setelah menang 1-0 lewat gol semata wayang Adam Alis pada babak pertama.

Keberhasilan mencuri poin penuh di laga ini menjadi krusial buat Borneo FC dalam memperbaiki posisi di papan klasemen sementara. Pasalnya, Madura United merupakan pesaing langsung Borneo FC di papan klasemen sementara.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Borneo FC bisa mengambil alih peringkat kelima klasemen sementara Liga 1. Dengan koleksi 44 poin dari 27 laga, Pesut Etam unggul dua poin atas Madura United, yang turun ke peringkat keenam klasemen sementara.

Jalannya Laga

Tim tuan rumah langsung menekan untuk bisa mencetak gol cepat di laga yang digelar di Stadion Madura Ratu Pamelingan tersebut. Mengandalkan Beto Goncalves di ujung serangan, Madura United terus melancarkan berbagai serangan ke wilayah pertahanan tim tamu.

Namun, gol pertama di laga ini justru menjadi miliki Barito Putera. Tim berjuluk Pesut Etam mengejutkan tim tuan rumah lewat gol Adam Alis pada menit ke-24. Sepakan kaki kanan Alis usai memanfaatkan umpan dari Matheus Pato gagal dihalau kiper Madura United, Rendy Oscario.

Laskar Sape Kerrab mencoba merespon gol Borneo FC tersebut. Madura United mencoba membongkar pertahanan tim tamu via aksi Lulinha di sisi lapangan dan kecepatan Malik Risaldi. Kendati begitu, Madura United akhirnya harus puas menutup babak pertama dengan kondisi tertinggal satu gol.

Situasi tidak jauh berbeda tersaji pada babak kedua. Madura United mengendalikan permainan dan terus mengepung pertahanan Borneo FC. Kendati begitu, tim besutan Fabio Lefundes itu masih belum mampu mencetak gol balasan.

Serangan-serangan Madura United masih bisa dipatahkan oleh barisan lini belakang Borneo FC, yang dipimpin oleh Diego Michiels. Di sisi lain, Pesut Etam juga tidak mau kalah. Tidak hanya berusaha tampil solid dalam bertahan, tim besutan Pieter Huistra itu tetap berupaya memberikan ancaman via serangan balik cepat.

Stefano Lilipaly di sisi kanan dan Muhamand Sihran di sisi kanan menjadi dua pemain sentral dalam bangunan serangan Borneo FC. Sementara Adam Alis diplot sebagai gelandang box to box, yang kerap membantu dan memberikan alternatif serangan Borneo FC.

Madura United nyaris mencetak gol balasan pada menit ke-85. Beto Goncalves berhasil melepaskan umpan terobosan kepada Lulinha, yang merangsek di sisi kiri kotak penalti Borneo FC. Namun, sepakan Lulinha masih melebar dan hanya berjarak beberapa centimeter dari gawang Borneo FC.

Hingga babak kedua tuntas digelar, termasuk empat menit masa injury time, Madura United gagal mencetak gol balasan. Dengan hasil ini, Laskar Sape Kerrab belum bisa bangkit usai gagal memetik kemnangan di tiga laga sebelumnya. Sementara buat Borneo FC, hasil ini menjadi kemenangan pertama usai memetik satu hasil imbang dan satu kekalahan pada dua laga sebelumnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement