Jumat 03 Mar 2023 19:08 WIB

Persikabo 1973 Akhiri Laju Kemenangan Bali United di Liga 1

Persikabo 1973 menaklukkan Bali United 2-1.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, Persikabo 1973 mengalahkan Bali United 2-1.
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1, Persikabo 1973 mengalahkan Bali United 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Persikabo 1973 berhasil memetik poin penuh saat menjamu Bali United pada pekan ke-28 Liga 1, Jumat (3/3/2023) malam WIB. Dua gol Pedro Henrique membawa Laskar Padjajaran membungkam Serdadu Tridatu 2-1, dalam laga yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, tersebut.

Satu-satunya gol balasan tim tamu dicetak Fadil Sausu pada awal babak kedua. Di laga ini, Serdadu Tridatu sempat tampil dengan 10 pemain usai wasit memberikan kartu merah buat Brwa Nouri pada menit ke-76.

Kemenangan Persikabo 1973 di laga ini sekaligus menghentikan laju kemenangan Bali United. Di tiga laga sebelumnya, tim besutan Stefano Cugurra itu sukses memetik kemenangan, termasuk saat mencukur Persebaya Surabaya, 4-0, dua pekan lalu.

Kendati memetik poin penuh di laga ini, Persikabo 1973 masih tertahan di peringkat ke-13 klasemen sementara Liga 1. Laskar Pajajaran mengumpulkan 32 poin dari 27 laga. Kondisi serupa juga dialami Bali United. Kendati kehilangan poin di laga ini, Serdadu Tridatu masih bertengger di peringkat keempat klasemen sementara.

Jalannya laga

Permainan berjalan begitu terbuka dengan tempo yang cukup tinggi pada awal laga. Pada 10 menit pertama pertandingan, dua tim sudah mendapatkan peluang. Winger Persikabo 1973, Komarodin, berhasil menerima bola di dalam pertahanan Bali United. Namun, bola sepakan Komarodin masih melambung di atas mistar gawang.

Tim tamu tidak mau ketinggalan. Ilija Spasojevic sukses menyambar bola di depan gawang hasil umpan tarik Ardi Idrus yang dilepaskan dari sisi kiri pertahanan. Kendati begitu, bola sepakan Spasojevic itu masih membentur tiang gawang.

Gol pertama pada laga ini akhirnya diciptakan tim tuan rumah, tepatnya pada menit ke-24. Laskar Pajajaran, julukan Persikabo 1973, mencatatkan keunggulan via gol tandukan Pedro Henrique. 

Memanfaatkan bola hasil umpan tendangan bebas Tegar Infantrie dari sisi kanan pertahanan Bali United, Henrique dengan bebas menanduk bola di dalam kotak penalti. Kiper Bali United Muhammad Ridho tidak mampu menahan laju bola, yang meluncur deras.

Hanya berselang lima menit setelah gol tim tuan rumah, Serdadu Tridatu nyaris menyamakan kedudukan. Welington menanduk bola hasil sepak pojok. Bola sempat mengenai kaki rekan setimnya, Privat Mbarga, sebelum kemudian bisa dihalau oleh penjaga gawang Persikabo, Syahrul Fadil.

Hingga babak pertama memasuki lima menit akhir, Bali United masih belum mampu membongkar pertahanan tim tamu. Spasojevic terlihat jarang mendapakan suplai bola dari lini tengah. Para penggawa Persikabo pun tampil begitu disiplin dan berhasil mempertahankan keunggulan hingga babak pertama usai.

Babak kedua baru berjalan kurang dari lima menit, Bali United sudah bisa menyamakan kedudukan. Tim besutan Stefano Cugurra itu merobek gawang tim tuan rumah via eksekusi tendangan bebas Fadil Sausu pada menit ke-49. 

Kapten Serdadu Tridatu itu mengeksekusi tendangan bebas tepat di sebelah kanan kotak penalti. Fadil gagal mengantisipasi arah datang bola setelah bola sempat membentur punggung salah satu pemain Persikabo 1973, yang menjadi pagar betis.

Keberhasilan mencetak gol cepat pada babak kedua melecut semangat Bali United. Juara bertahan Liga 1 itu berusaha memanfaatkan momentum tersebut dengan terus menekan pertahanan Laskar Pajajaran. Namun, para penggawa Persikabo berhasil meredam serangan Serdadu Tridatu.

Peluang emas didapatkan Bali United pada menit ke-70. Berawal dari serangan balik, Mbarga melepaskan umpan tarik yang ditujukan ke Spasojevic yang berada di depan gawang. Umpan tarik Mbarga itu langsung dipotong oleh salah satu pemain bertahan Persikabo.

Laga sempat terhenti pada menit ke-76. Gelandang Bali United, Brwa Nouri, terlihat terlibat perseteruan pemain yang berada di bangku cadangan Persikabo. Atas aksinya tersebut, Nouri mendapatkan kartu merah langsung dari wasit Pipin Indra Pratama. Kondisi ini jelas merugikan Bali United, yang sebenarnya tengah memegang kendali permainan. 

Laskar Pajajaran kembali mencatatkan keunggulan. Pedro Henrique mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-83. Berawal dari kemelut yang sempat terjadi di dalam kotak penalti usai umpan tarik dari Komarodin, Henrique mampu menyambar bola dengan sundulan tepat di depan mulut gawang Serdadu Tridatu. 

Gol pemain berpaspor Timor Leste itu menjadi yang terakhir tercipta pada laga ini sekaligus membawa Persikabo 1973 membungkam Bali United dan melanjutkan tren kemenangan. Pada laga sebelumnya, Laskar Pajajaran menundukan PSS Sleman 2-1. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement