Jumat 03 Mar 2023 23:26 WIB

Coach Irwansyah tak Ingin Bebani Mental Pemain Jelang All England

Irwansyah menilai setiap anak didiknya punya peluang untuk menang di All England.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie (kanan) berdiskusi dengan pelatih Irwansyah (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie (kanan) berdiskusi dengan pelatih Irwansyah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tunggal putra Pelatnas PBSI Irwansyah mengaku tak ingin memberikan beban mental kepada para pebulu tangkisnya jelang turnamen All England 2023 yang akan berlangsung pada 14-19 Maret di Birmingham, Inggris. Berdasarkan evaluasi dan hasil latihan di Pelatnas Cipayung, Irwansyah menilai setiap anak didiknya punya peluang untuk menang sehingga ia tak ingin memberikan beban lebih kepada hanya satu atau dua pemain.

"Saya tidak mau membebani, tapi pemain kita keempatnya ada harapan untuk juara," kata Irwansyah lewat pesan singkatnya di Jakarta, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga

Sebelumnya, PBSI telah mengumumkan bahwa Skuad Merah Putih akan dibebani dengan target menyabet dua gelar juara dari ajang berkategori BWF Super 1000 itu. Kedua gelar tersebut masing-masing ditargetkan kepada sektor tunggal putra dan ganda putra.

Menyikapi target tersebut pelatih asal Medan, Sumatera Utara itu, tetap tak mau ambil pusing sembari memastikan keempat atletnya mendapat porsi latihan yang cukup dan punya kesiapan mental yang matang.

Bahkan secara spesifik disebutkan bahwa Jonatan Christie menjadi tulang punggung tunggal putra yang digadang meraih medali emas dari All England.

"Mengenai target itu saya tidak mau membebani, itu yang pertama. Pada prinsipnya mereka bisa jadi juara, tapi untuk dibilang harus juara semua saya yakin bisa. Mereka yakin, percaya diri dengan kemampuannya masing-masing," ungkap Irwansyah.

Target yang diemban timnas bulu tangkis di Birmingham itu sebelumnya diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky. Alasannya karena kedua sektor tersebut memiliki jumlah wakil paling banyak di antara nomor lainnya.

Berdasarkan hasil undian All England 2023 melansir laman resmi BWF, Skuad Merah Putih menurunkan empat tunggal putra dan enam ganda putra dalam turnamen bulu tangkis tertua di dunia tersebut.

Keempat pebulu tangkis tunggal putra yang dimainkan yaitu Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chiro Aura Dwi Wardoyo, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Lalu dari nomor ganda putra yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan terakhir ada Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang berstatus sebagai juara bertahan.

"Semuanya pasti mau juara ya, tapi saya harapkan dapat dua (medali) emas dari ganda dan tunggal putra," kata Rionny.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement