Ahad 05 Mar 2023 17:05 WIB

Liga 2 Dihentikan, APPI Siap Lindungi Hak Kontrak Pemain

Penghentian Liga 2 akan menimbulkan polemik terhadap kontrak kerja para pemain.

Logo PSSI. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi menghentikan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.
Logo PSSI. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi menghentikan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk tidak melanjutkan penyelenggaraan kompetisi Liga 2 Indonesia. Menurut Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), penghentian kompetisi Liga 2 bisa berdampak bagi kontrak para pemain.

‘’Sebagai perwakilan dari pesepakbola di Indonesia, APPI akan tetap melindungi hak kontrak para pesepakbola,’’ kata Presiden Exco APPI, Andritany Ardhiyasa, seperti dikutip dari laman resmi asosiasi.

‘’Kami juga mengimbau para pesepakbola yang kontraknya terdampak akibat penghentian liga, dapat segera berkomunikasi dengan APPI,’’ katanya.

CEO APPI, M. Hardika Aji, mengatakan penghentian kompetisi Liga 2 akan menimbulkan banyak polemik terhadap kontrak-kontrak kerja para pesepakbola dan Klub yang telah ditandatangani sebelumnya. Aji menyebut ada 500 pesepakbola yang menggantungkan nasibnya pada kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 ini.

Ada wacana untuk menggelar miniturnamen sebagai alternatif dari penghentian kompetisi. Namun, menurut APPI, wacana tersebut bukanlah merupakan solusi terbaik dalam menanggulagi risiko dari penghentian Liga 2 musim 2022/2023. Kecuali, miniturnamen tersebut dapat diterapkan dengan sistem dan verifikasi yang mengadopsi regulasi dari kompetisi resmi liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement