Rabu 08 Mar 2023 08:09 WIB

8 Fakta Angka dari Kemenangan Chelsea Atas Dortmund

Sepanjang 2023, ini pertama kali Chelsea mencetak dua gol dalam satu laga.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Para pemain Chelsea merayakan gol Kai Havertz ke gawang Borussia Dortmund di Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall ID: 11345851
Para pemain Chelsea merayakan gol Kai Havertz ke gawang Borussia Dortmund di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dua gol yang masing-masing dicetak Raheem Sterling dan Kai Havertz mengantarkan Chelsea membungkam Borussia Dortmund pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (8/3/2023) dini hari WIB. Dengan kemenangan di Stadion Stamford Bridge itu, The Blues berhak melaju ke babak perempat final dengan keunggulan, 2-1, atas Dortmund.

Untuk pertama kalinya sejak ditangani Graham Potter pada Oktober silam, Chelsea akhirnya mampu mencatatkan torehan dua kemenangan beruntun di semua ajang. Namun, catatan itu bukan satu-satunya yang tercipta dalam kemenangan Chelsea atas Dortmund tersebut. 

Baca Juga

Berikut delapan catatan statistik positif Chelsea yang terukir pasca laga tersebut, berdasarkan lansiran Planet Football:

1 

Ini menjadi keberhasilan pertama Chelsea mencetak dua gol dalam satu laga pada 2023. Sebelumnya, Chelsea mencetak dua gol dalam satu laga pada 27 Desember silam.

5 

Graham Potter menjadi pelatih asal Inggris kedua dengan torehan kemenangan terbanyak di pentas Liga Champions, tepatnya dengan torehan lima kemenangan. Di posisi pertama ditempati Bryan Robson dengan koleksi 12 kemenangan.

2 

Setelah Harry Redknapp, Potter menjadi pelatih asal Inggris kedua yang mampu memetik kemenangan di fase gugur Liga Champions sejak turnamen tersebut berubah format pada 1992 silam.

20 

Raheem Sterling menjadi pemain asal Inggris pertama yang mencetak 20 gol di laga kandang di arena Liga Champions. Untuk urusan gol di pentas Liga Champions, Sterling hanya kalah bersaing dari eks penyerang Manchester United, Wayne Rooney, yang telah mengemas 27 gol.

24 

Para penggawa Chelsea mencatatkan tekel sukses sebanyak 24 kali di laga ini, dua kali lebih banyak dibanding para penggawa Dortmund

4 

Sejak bergabung bersama Chelsea pada 2020, Kai Havertz menjadi penggawa Chelsea dengan koleksi gol terbanyak di fase gugur Liga Champions, empat gol.

1 

Kai Havertz mencetak gol perdananya ke gawang Dortmund. Di delapan kesempatan sebelumnya, eks penyerang Bayer Leverkusen itu tidak pernah bisa menjebol gawang Dortmund

1 

Ini menjadi kekalahan pertama Borussia Dortmund sejak pergantian tahun. Kekalahan ini sekaligus mengakhiri rentetan kemenangan beruntun yang ditorehkan Dortmund dalam 10 laga terakhir di semua ajang. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement