Rabu 08 Mar 2023 16:38 WIB

Ketum PSSI Luncurkan Merchandise Piala Dunia U-20 yang Andalkan Produk Lokal

Ini sebuah terobosan sebab produk lokal bisa terlibat di hajatan akbar internasional.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Peluncuran Menchandise resmi Piala Dunia U-20 2023 oleh Ketum PSSI sekaligus ketua LOC, Erick Thohir (kiri) dan Menpora sekaligus Waketum PSSI Zainudin Amali (tiga kiri) di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (8/3/2023).
Foto: Dok. PSSI
Peluncuran Menchandise resmi Piala Dunia U-20 2023 oleh Ketum PSSI sekaligus ketua LOC, Erick Thohir (kiri) dan Menpora sekaligus Waketum PSSI Zainudin Amali (tiga kiri) di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan, Indonesia siap menggelar Piala Dunia U-20 yang tinggal 73 hari. Erick menyebut terpilihnya PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) lewat produknya apparel Juara sebagai pemegang lisensi merchandise resmi untuk Piala Dunia U-20 2023 adalah sebuah terobosan karena produk lokal bisa terlibat di hajatan akbar yang akan diselenggarakan di Indonesia.

"Piala Dunia U-20 tinggal 73 hari lagi, saya rasa ini persiapan tercepat yang pernah saya emban dan juga Pak Menpora Zaenuddin Amali. Kita perlu kerja keras bersama, waktu yang mepet bukan alasan tidak bisa. Peluncuran menchandise juara adalah bagian dari kita untuk memeriahkan event terbesar kedua FIFA, yaitu Piala Dunia U-20," kata Erick yang juga Ketua LOC (Local Organizing Committee) di acara peluncuran menchandise di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga

Erick menyatakan, masyarakat Indonesia bisa dibilang beruntung bisa menyaksikan langsung Piala Dunia U-20. Ajang yang melibatkan 24 negara ini menjadi pentas yang membuka jalan bagi pemain-pemain belia dunia untuk menjadi superstar di masa datang. Sebab itu, ini akan menjadi turnamen yang sangat luar biasa bagi masyarakat Indonesia untuk melihat calon-calon bintang sepak bola dunia.

“Banyak bintang dilahirkan di event ini, setelah mereka menjadi juara. Ambil contoh Diego Maradona bersama Argentina di edisi 1978 dan banyak lagi yang lainnya. Jangan kaget kalau di kejuaraan saat ini nanti banyak juga klub-klub besar mengirimkan talent scoutingnya," ujar Erick.

Di samping itu, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN RI ini mengingatkan kepada semua pihak bahwa Indonesia akan dikenang sebagai negara yang sukses sebagai tuan rumah jika penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 berjalan dengan baik dan lancar.

"Event ini harus kita dorong agar semua rakyat Indonesia bisa melihat ini sebuah event yang sangat besar. Saya minta dukungan dari Pak Menpora karena waktunya tinggal 73 hari," jelas Erick. "Tetapi sangat penting bagaimana memang negara hadir di event terbesar ini, tanpa dorongan negara, tanpa dorongan komunitas sepak bola, tanpa kerja sama FIFA saya rasa ini sesuatu yang mustahil. Tetapi Insya Allah ini bisa kita lakukan kalau kita bersatu."

Apparel lokal, Juara, dipercaya menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-20 2023. Sebanyak 53 jenis merchandise siap dijual ke masyarakat. Juara yang berada di bawah naungan PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) akan menyediakan beragam souvenir Piala Dunia U-20 2023. Souvenir yang bakal dijual nantinya adalah t-shirt, jersey, jaket, topi, sandal, dan sebagainya.

Semua souvenir yang dijual berasal dari 95 persen bahan baku yang dibuat di Indonesia. Juara juga melibatkan UMKM sebagai mitra produksi.

CEO Juara, Mochtar Sarman, mengucapkan terima kasih kepada FIFA yang telah mempercayakan pada pihaknya untuk menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-20 2023. Menurut Mochtar, souvenir yang tersedia sudah memiliki standar internasional.

"Saya berterima kasih kepada FIFA dan PSSI yang telah mempercayakan kami dan menunjuk kami sebagai official merchandise U-20. Lewat produk-produk yang 95 persen diproduksi dalam negeri dengan 53 jenis kategori produk, memiliki desain menarik dan kualitas terbaik," kata Mochtar menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement