Kamis 09 Mar 2023 09:39 WIB

Arteta tak akan Buru-Buru Mainkan Gabriel Jesus Saat Hadapi Sporting di Liga Europa

Arteta menilai Gabriel Jesus membutuhkan waktu untuk bermain.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
 Pemain Arsenal Gabriel Jesus .
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Pemain Arsenal Gabriel Jesus .

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengatakan Gabriel Jesus tidak akan buru-buru dimainkan meskipun sudah kembali berlatih dengan tim. Jesus telah menyumbang lima gol dan tujuh assist untuk Arsenal sejak kepindahannya dari Manchester City, Juli lalu. Ia terpaksa absen sejak ia menderita cedera lutut di Piala Dunia 2022 Qatar bersama Brasil dan menjalani operasi pada awal Desember.

Arteta tak akan mendesaknya untuk segera kembali bermain. Ia akan berusaha memberikan penilaian yang adil antara apa yang ia butuhkan dan kapan Jesus merasa nyaman untuk turun ke lapangan. Namun Arteta memastikan proses pemulihan berjalan baik.

Baca Juga

"Semuanya berjalan dengan baik. Dia membutuhkan waktu juga untuk mendapatkan kepercayaan dirinya. Kondisi fisik juga diperlukan untuk bersaing dengan pikiran bebas. Begitu dia bebas untuk melakukan itu, kami akan memasukkannya,” kata Arteta jelang leg pertama babak 16 besar Liga Europa melawan Sporting Lisbon, dilansir dari Reuters, Kamis (9/3/2023).

Ia juga mengungkapkan kondisi pemain lain jelang melawan Spoting Lisbon. Fabio Viera menderita sakit tenggorokan, tapi dipastikan bisa diturunkan. Kieran Tierney, Eddie Nketiah dan Leandro Trossard yang absen latihan pada Rabu kemarin juga akan tersedia untuk laga tersebut.

Pelatih asal Prancis itu akan terus memantau perkembangan seluruh pemainnya. Ia mengakui Arsenal mempunyai masalah dalam beberapa hari terakhir. Sebagai pelatih akan mencarikan solusi untuk memastikan semua pemain dalam keadaan fit dan ada dalam kondisi terbaik melawan Sporting.

Laga tersebut akan menjadi pertemuan kelima antara kedua tim di kompetisi Eropa. Arsenal belum pernah kalah atau kebobolan satu gol pun. Arteta bertekad memperpanjang catatan apik tersebut. Kemenangan pada laga sebelumnya dinilai dapat meningkatkan kepercayaan pemain menghadapi pertandingan berikutnya.

Arteta menilai kekuatan Sporting ada di ide dari pelatih mereka. Menurut Arteta pelatih Sporting Ruben Amorim sangat sukses dalam beberapa tahun terakhir. Arteta mengaku telah banyak menyaksikan pertandingan mereka terutama saat menghadapi Tottenham Hotspur dan tim-tim besar Portugal.

“Mereka adalah tim yang sangat kompetitif dengan rencana permainan yang jelas. Kami harus tampil sebaik mungkin untuk memenangkan pertandingan ini,” ujar Arteta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement