Senin 13 Mar 2023 07:31 WIB

Xavi Sebut De Jong Bermain Spektakuler Saat Barcelona Berjaya di Markas Bilbao

Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 1-0 lewat gol Raphinha.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong.
Foto: EPA-EFE/Adam Vaughan
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong.

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Barcelona melanjutkan tren positif di pentas domestik. Barca baru saja mengalahkan tuan rumah Athletic Bilbao 1-0, pada jornada ke-25 La Liga Spanyol, di Stadion San Memes, Senin (13/3/2023) dini hari WIB.

Xavi mengakui kubunya meraih kemenangan berharga karena berdampak pada posisi yangkuat di klasemen. Namun selain itu, ia menyoroti fakta bahwa mereka meraihnya dengan sangat sulit. 

Baca Juga

Sang entrendor melihat nyaris di sepanjang pertandingan, Blaugrana mendominasi. Namun menjelang akhir, Bilbao menekan. Akibatnya, tim tamu dengan susah payah berusaha mempertahankan keunggulan. Bilbao bahkan punya sejumlah peluang untuk mencetak gol, yang sayangnya gagal dimaksimalkan.

Beruntung juga, Xavi memiliki para pemain berkualitas. Semua bekerja keras di lapangan untuk mengamankan kemenangan. Secara khusus, ia memuji aksi Frenkie de Jong.

"Frenkie bermain di level yang spektakuler. Dia memberi kami banyak hal," kata pelatih 43 tahun itu, dikutip dari Football Espana.

Menurutnya, saat ini De Jong salah satu gelandang terbaik di dunia. Seseorang yang selalu menjadi pembeda. Sepanjang musim 2022/23 bergulir, pria Belanda itu baru absen dua kali di pertandingan La Liga.

Tak berlebihan apa yang dikatakan Xavi. De Jong memainkan peran sentral di lini tengah Barcelona. Apalagi Sergio Busquets semakin menua.

Sulit untuk mengandalkan Busquets dalam setiap laga. Kini Barca memiliki andalan baru. Eks Ajax Amsterdam itu nyaris hengkang dari Camp Nou beberapa bulan lalu.

Kemenangan atas Bilbao membuat raksasa Katalunya itu nyaman di singgasana. Dengan mengantongi 65 poin, Robert Lewandowski dan rekan-rekan unggul sembilan angka atas Real Madrid di urutan kedua. Kompetisi menyisakan 13 pertandingan lagi.

Berikutnya Barcelona dan Madrid bertemu pada jornada ke-26. Duel bertajuk El Clasico itu berlangsung di Camp Nou, Senin (20/3/2023) dini hari WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement