Senin 13 Mar 2023 17:26 WIB

Stadion GBT Dapat Nilai Tertinggi FIFA

FIFA beri nilai tertinggi soal persiapan Stadion GBT sebagai venue Piala Dunia U-20.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Didi Purwadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sebagai salah satu calon venue Piala Dunia U-20 tahun 2023, Senin (13/3/2023).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sebagai salah satu calon venue Piala Dunia U-20 tahun 2023, Senin (13/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir, meninjau langsung proses renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)  Surabaya pada Senin (13/3/2023) pagi. Di antara enam venue Piala Dunia U-20, Surabaya mendapat nilai tertinggi dari FIFA dalam verifikasi sebelumnya.

''Kalau Jawa Timur bisa, daerah lain juga bisa. Kita harus serius berkaitan dengan infrastruktur, FIFA tak segan mengurangi dua stadion. Kita harus mempersiapkan semua secara maksimal agar hal-hal yang tak diinginkan itu terjadi,'' kata Erick yang juga menjabat Ketua Umum PSSI.

Erick beserta rombongan datang untuk melakukan pengecekan terkait kesiapan Stadion GBT sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2023. ET, sapaan akrab Erick Thohir, melakukan pengecekan meliputi Field of Play (rumput, sistem penyiraman rumput, sistem drainase, dan lainnya), arena (tempat duduk, VIP Area), media broadcast, akses keluar dan masuk, command center, area medis, serta ruang parkir.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan FIFA memberikan penilaian tertinggi terkait persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sebagai salah satu venue gelaran Piala Dunia U-20 2023. Meski demikian, Eri mengakui masih adanya kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi di sisa waktu sebelum digelarnya Piala Dunia U-20.

"Pak Erick (Ketua Umum PSSI) akan mengecek hasil asesmen (GBT) itu yang tertinggi di antara semua (stadion) yang ada. Tetapi, dari semua itu, ada kekurangannya. Jadi, harus dilengkapi dan diselesaikan sebelum Piala Dunia," kata Eri.

''Beliau mengecek, nanti bisa dilihat yang disampaikan Pak Erick Thohir. FIFA sudah memberikan catatan, kemudian ada rapat dengan Pak Erick. Ketika sudah dicek FIFA, kami nilainya paling tinggi," ujarnya.

Stadion GBT

Stadion Gelora Bung Tomo menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pahlawan dan juga Jawa Timur. Stadion berkapasitas 45 ribu penonton ini merupakan stadion terbesar di provinsi tersebut. Stadion dengan anggaran Rp 100 miliar ini didirikan mulai 1 Januari 2008 dan dibuka pada 6 Agustus 2010.

Stadion GBT rutin menghelat laga-laga kompetisi domestik yang melibatkan Persebaya. Venue satu ini juga kerap dipakai untuk pertandingan Timnas Indonesia berbagai level. Terakhir, Timnas Indonesia U-20 menjalani Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di sana.

Perhelatan Piala Dunia U-20 2023 rencananya akan digelar 21 Mei-11 Juni di enam kota. Selain Surabaya, pertandingan turnamen yang diikuti 24 negara ini akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement