Selasa 14 Mar 2023 06:12 WIB

Pujian Xavi untuk Kegigihan Sang Menir Belanda Bersama Barcelona

Para pemain Belanda lain pergi, dia bertahan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Real Madrid´s Rodrigo Goes (L) in action against Frenkie De Jong (R) of FC Barcelona during the Spanish King
Foto: EPA-EFE/KIKO HUESCA
Real Madrid´s Rodrigo Goes (L) in action against Frenkie De Jong (R) of FC Barcelona during the Spanish King

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kegigihan Frenkie de Jong membuat manajer Barcelona, Xavi Hernandez kagum dengan pemain tengah tersebut. Terbaru, Xavi memuji sang pemain sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini.

De Jong baru saja membantu Barca menang 1-0 atas Athletic Bilbao pada lanjutan La Liga Spanyol 2022/2023 akhir pekan kemarin. De Jong begitu tajam dalam membangun permainan dan menciptakan beberapa peluang untuk Blaugrana.

Baca Juga

"De Jong bermain di level yang spektakuler. Dia salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini," kata Xavi menjelaskan kepada Barca TV dikutip Barca Universal, Selasa (14/3/2023).

Kisah tentang De Jong di skuad utama Barca cukup menyita perhatian publik. Sebab, awalnya pihak klub membutuhkan uang segar demi menyeimbangkan neraca keuangan.

Salah satu cara untuk menghadirkan suntikan dana signifikan adalah melepas De Jong pada bursa transfer lantaran sang pemain merupakan aset paling berharga yang menarik atensi banyak klub top Eropa musim panas lalu.

Klub raksasa Liga Primer Inggris, Manchester United memiliki kesempatan emas untuk mengikat De Jong senilai 85 juta euro. Demi mempermulus langkah Barca mendapatkan 'cuan' Xavi bahkan sampai mencadangkan De Jong di awal musim, untuk membuatnya mempertimbangkan pilihan keluar dari Estadio Camp Nou.

Rencana Xavi dan Barca tidak berhasil dengan pesepak bola asal Belanda tetap teguh pada keinginannya bertahan di tim asal Katalunya. Secara bertahap, De Jong menjelma menjadi pemain krusial di skuad Los Cules.

Pemain berusia 25 tahun sangat berharap bisa bertahan lama bersama Barca sekaligus mempersembahkan gelar untuk rival abadi Real Madrid tersebut.

"Musim panas lalu saya sangat tenang karena saya tahu saya akan bertahan di Barca dan tidak berubah pikiran. Saya selalu bermimpi untuk bermain dan meraih kesuksesan di sini," kata De Jong menguraikan betapa besarnya rasa cinta terhadap Barca.

Keteguhan De Jong dalam membela Barca jelas menghadirkan tembok kokoh bagi MU dan klub-klub top Benua Biru mendapatkan tanda tangan eks pemain Ajax Amsterdam. 

Kini, De Jong bahkan jadi satu-satunya Menir - panggilan 'tuan'- untuk orang Belanda di skuad Barca saat ini. Padahal,  Barca mulai 2020 sempat membangun kekuatan dengan mengimpor persona-persona dari Belanda seperti Luuk de Jong dan Memphis Depay, serta pelatih Ronald Koeman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement