Kamis 16 Mar 2023 16:43 WIB

Indra Sjafri Wacanakan Uji Coba Timnas U-22 Lawan Kontestan Piala Dunia U-20

Indra setidaknya ia ingin melakukan empat laga uji coba dengan jadwal yang padat.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri saat memimpin latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Jakarta, belum lama ini.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri saat memimpin latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Jakarta, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri telah mengantongi 50 nama yang akan didaftarkan ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk SEA Games 2023 di Kamboja. Setelah itu, ia mengatakan, akan melakukan sejumlah uji coba menjelang SEA Games dan jika memungkinkan ia ingin mengajak kontestan Piala Dunia U-20 untuk menjadi lawan tanding skuad Garuda Muda.

SEA Games 2023 akan bergulir pada 5-17 Mei 2023 mendatang di Kamboja. Sementara Piala Dunia U-20 2023 berlangsung mulai 20 Mei. Indonesia menjadi tuan rumah. Beberapa peserta mungkin akan tiba lebih dulu di Indonesia untuk melakukan latihan. Sebab itu, Indra mengatakan, jika memungkinkan ia ingin menjadikannya sebagai lawan tanding bagi skuad Garuda.

Baca Juga

Pelatih asal Sumatra Barat itu menjelaskan setidaknya ia ingin melakukan empat laga uji coba dengan jadwal yang padat dengan hanya jeda satu hari antarpertandingan sebagai simulasi dari jadwal di SEA Games. Periode tersebut diharapkan bisa terlaksana pada 11-16 April 2023.

"Kami akan mulai uji coba dari 11-16 April. Kami bikin simulasi tiga sampai empat kali uji coba, main-istirahat-main-istirahat, mungkin dengan tim-tim Liga 1," kata Indra kepada wartawan, Kamis (16/3/2023). "Tidak tertutup kemungkinan nanti kalau memang ada tim-tim Piala Dunia yang sudah masuk ke Indonesia."

Indra mengaku akan mengupayakan hal itu kepada PSSI agar skuad Garuda bisa mencicipi pertandingan melawan tim-tim hebat dari berbagai belahan dunia sebelum melawan tim-tim Asia Tenggara. Pasalnya, timnas Indonesia U-22 ditargetkan untuk meraih medali emas pada ajang tersebut. Sebab itu, penting bagi skuad Garuda untuk mendapatkan lawan tanding yang kuat.

"Kami coba untuk minta ke PSSI, siapa tahu kami bisa beruji coba dengan mereka," kata Indra menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement