Jumat 17 Mar 2023 20:08 WIB

Madrid Vs Chelsea di Liga Champions, Balas Dendam The Blues atau Keperkasaan Los Blancos?

Real Madrid menyingkirkan Chelsea di perempat final Liga Champions musim lalu.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
 Bek Real Madrid David Alaba (kanan) beraksi melawan gelandang Chelsea Mason Mount dalam pertandingan Liga Champions musim lalu.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Bek Real Madrid David Alaba (kanan) beraksi melawan gelandang Chelsea Mason Mount dalam pertandingan Liga Champions musim lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, Real Madrid Vs Chelsea, Misi Balas Dendam The Blues Atau Los Blancos Kembali Perkasa?

MADRID -- Real Madrid akan menghadapi Chelsea pada babak perempat final Liga Champions 2022/2023 berdasarkan hasil drawing, Jumat (17/3). Pertemuan dua tim ini bukan pertama kalinya terjadi di pentas Eropa. 

Baca Juga

Pertemuan pertama mereka berlangsung pada 19 Mei 1971 di final Piala Winners. Waktu itu Chelsea menang 2-1 pada laga ulangan setelah partai pertama berakhir imbang 1-1.

Pada musim 2020/2021, Real Madrid bertemu Chelsea di semifinal Liga Champions. Chelsea menang dengan agregat 3-1 dan akhirnya menjadi juara. 

Setahun kemudian, duel Real Madrid vs Chelsea kembali tersaji di Liga Champions, kali ini di delapan besar. Giliran Los Blancos yang berjaya dengan keunggulan agregat 5-4. Real Madrid akhirnya menutup musim dengan menjadi juara.

Penampilan The Blues di kompetisi domestik boleh di bawah performa terbaiknya. Itu yang membuat posisi pelatih Chelsea Graham Potter terancam. Namun kekecewaan di kompetisi domestik berbanding terbalik dengan penampilan mereka di Liga Champions. Mereka menunjukkan tekad kuad bisa berjaya di level Eropa, meskipun dalam performa yang belum terlalu meyakinkan.

Perjalanan Chelsea di Liga Champions musim ini relatif cukup baik. Mereka keluar sebagai juara grup E dengan catatan empat kali menang, satu kalah, dan satu imbang dalam enam pertandingan. Mereka lolos ke perempat final setelah menyingkirkan Borussia Dortmund dengan agregat 2-1.

Situasi Real Madrid sedikit mirip dengan Chelsea. Los Blancos kurang meyakinkan di kompetisi domestik. Madrid tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen Barcelona. Kendati demikian, mereka tampak seperti tampil dengan wajah berbeda di Liga Champions dengan lebih beringas. 

Tim asuhan Carlo Ancelotti menjuarai Grup F dengan empat kemenangan, satu kali imbang, dan satu kekalahan. Permainan mereka kian ganas memasuki babak 16 besar. Raksasa Inggris Liverpool dibuat tidak berkutik dalam dua leg. Mereka menghajar Liverpool 5-2 di Stadion Anfield dan menang 1-0 di Santiago Bernabeu. 

Duel kali ini juga akan menjadi pertemuan kembali Carlo Ancelotti dengan mantan klub yang pernah dilatihnya. Ancelotti yang kini menjadi pelatih Madrid, pernah memegang komandi tim di Stamford Bridge.

Ia memimpin Chelsea dalam 109 pertandingan selama tugasnya sebagai pelatih antara 2009 hingga 2011 dengan persembahan satu gelar juara Liga Primer Inggris, satu Piala FA, dan satu trofi Community Shield. Total lima tim dari delapan yang lolos ke perempat final Liga Champions musim ini pernah atau sedang dilatih Ancelotti. 

Leg pertama akan digelar di Santiago Bernabeu pada 11 atau 12 April dan leg kedua berlangsung di Stamford Bridge pada 18 atau 19 April. Kedua pertandingan tersebut akan dimulai pada pukul 21:00 waktu setempat.

Jika lolos, Real Madrid atau Chelsea akan menghadapi pemenang dari pertandingan antara Manchester City dan Bayern Munchen. Leg pertama semifinal akan berlangsung di kandang Chelsea/Real Madrid pada tanggal 9 atau 10 Mei, dan leg kedua akan berlangsung di kandang lawan pada tanggal 16 atau 17 Mei. Partai final akan berlangsung pada 10 Juni di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki.

Menarik dinanti, apakah Ancelotti kembali perkasa membawa timnya berjaya, atau Chelsea membalas dendam dengan atas kekalahan musim lalu dengan menyingkirkan Real Madrid?

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement