Jumat 17 Mar 2023 23:50 WIB

Waketum PSSI Sebut Proses Naturalisasi Tiga Pemain Timnas U-20 Segera Rampung

Ketiga pemain naturalisasi dijadwalkan menghadap Komisi X dan III pada pekan depan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Justin Hubner (kiri) dan Ivar Jenner, dua calon pemain naturalisasi Indonesia.
Foto: DOK PSSI
Justin Hubner (kiri) dan Ivar Jenner, dua calon pemain naturalisasi Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI Zainudin Amali mengatakan proses naturalisasi dari tiga pemain keturunan yang diproyeksikan untuk memperkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 yakni Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner disebut akan segera rampung. Zainudin mengatakan ketiga pemain dijadwalkan menghadap Komisi X dan III pada pekan depan.

"Tanggal 20 (Maret) kita RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan komisi X. Kemudian 21 pagi dengan komisi III kalau tidak salah jadwalnya ya. Kemudian paripurnanya setelah itu," kata Zainudin kepada wartawan di GBK Arena, Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan bahwa tiga nama yang disebut di atas akan menghadap DPR secara virtual. Hal itu juga pernah dilakukan saat proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama. Zainudin menyebut para pemain itu hanya diwajibkan datang saat disumpah.

"Tinggal kemudian (berkasnya) diantarkan ke Presiden, kemudian tanda tangan, kemudian meraka diambil sumpahnya (di Kemekumham), selesai," kata Amali. "Datang itu pada saat penyumpahan, itu mereka harus datang."

Ketersediaan ketiga pemain keturunan itu memang sangat diharapkan oleh Shin Tae-yong. Bahkan pelatih asal Korea Selatan itu telah memasukkan nama mereka ke dalam daftar sementara 29 pemain untuk Piala Dunia U-20 2023. Proses naturalisasi ketiga pemain itu diharapkan segera rampung sebelum pendaftaran final pemain Piala Dunia U-20.

"Saya tidak tahu kapan batas akhirnya. Namun kan meraka ini harus didaftarkan, kan juga ada proses dia harus pindah federasi juga kan dari Eropa ke Asia. Kita upayakan dengan secepat-cepatnya," kata Zainudin. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement