Sabtu 18 Mar 2023 17:03 WIB

Liga 1: Persik Tundukkan Persebaya 1-0

Gol kemenangan Persik Kediri dicetak Flavio Silva melalui tendangan penalti.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, Persik Kediri mengalahkan Persebaya Surabaya 1-0.
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1, Persik Kediri mengalahkan Persebaya Surabaya 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Persik Kediri memenangkan pertandingan derby Jawa Timur melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Brawijaya, Kediri, Sabtu (18/3/2023). Gol kemenangan Persik dicetak Flavio Silva melalui tendangan penalti.

Hasil ini menempatkan Persik di peringkat 13 dengan nilai 35. Sementara Persebaya berada di posisi delapan dengan nilai 39.
 
Jalannya laga
Tempo permainan berlangsung pelan sejak menit awal. Meskipun Persebaya mengendalikan permainan mereka tampak hati-hati memberikan tekanan. Sementara Persik juga tak terlalu sering keluar menekan.
 
Rohid Chand adalah pemain yang menonjol dari kubu Persik. Mantan pemain Persija ini tak hanya mengatur permainan tim tetapi juga mengancam pertahanan Persebaya. Namun pertahanan Bajol Ijo yang kuat membuat Persik minim peluang.
 
Pada menit ke-28, Persebaya nyaris unggul lewat tembakan Victor. Berawal dari tekanan di sisi kiri pertahanan Persik  Victor yang mendapatkan bola langsung melakukan tembakan. Namun ditepis kiper sehingga menghasilkan tendangan sudut.
 
Persebaya terus menekan yang memaksa Persik terus bertahan. Pada menit ke-33, Persik mendapatkan peluang melalui skema bola mati. Abiyoso yang mendapatkan bola mentah tembakannya melambung tinggi.
 
Jelang turun minum, Persebaya masih kesulitan menjebol gawang tuan rumah. Berbagai peluang yang diciptakan pasukan Aji Santoso selalu berhasil digagalkan. Hingga babak pertama usai skor berakhir tanpa gol. 
 
Pada babak kedua, tempo permainan berlangsung lebih cepat. Persik lebih berani bermain menyerang. Akibatnya jual beli serangan pun dipertontonkan oleh kedua tim. 
 
Persik dan Persebaya tak banyak melakukan perubahan pemain di awal babak kedua. Persebaya masih mengandalkan Victor dan Ze Valente. Adapun Persik mengandalkan ketajaman  Flavio Silva dan Pahabol.
 
Rohid Chand tetap menjadi motor penggerak dari permainan tuan rumah. Pada menit ke-73, Persik mendapatkan peluang lewat skema serangan balik. Namun sundulan Kanafi melambung di atas mistar gawang Persebaya.
 
Tuan rumah kian percaya diri menekan Persebaya. Serangan cepat yang dibangun oleh mereka menyebabkan pemain Persebaya, Catur melakukan tekel kepada pemain Persik di kotak penalti yang menyebabkan wasit menunjuk titik putih.
 
Flavio Silva yang bertindak sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik pada menit ke-80. Skor 1-0 tersebut bertahan hingga laga berakhir. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement