Ahad 19 Mar 2023 22:29 WIB

Fajar/Rian Pastikan Sabet Gelar Juara Ganda Putra All England 2023

Fajar/Rian sukses memgalahkan rekan sesama Indonesia

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ekspresi pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ekspresi pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto memastikan gelar juara All England 2023. Di partai final sektor ganda putra, Fajar/Rian mengalahkan sesama pasangan ganda putra asal Indonesia, Mohamad Ahsan/Hendra Kurniawan, 21-17, 21-14, dalam laga yang digelar di Utilita Arena, Birmingham, Ahad (19/3/2023) malam WIB.

Buat Fajar/Rian, ini menjadi gelar juara pertama di ajang kejuaraan bulutangkis tertua di dunia tersebut. Sementara buat Ahsan/Hendra, ini menjadi kegagalan kedua secara beruntun usai tampil di partai final All England pada tahun lalu.

Baca Juga

Dua pasangan penghuni pelatnas PBSI itu terlihat berhati-hati dalam mengawali pertandingan. Namun, secara perlahanan, Fajar/Rian mulai mengendalikan permainan dan unggul tiga poin atas seniornya tersebut, 8-5. Ahsan/Hendra sempat memangkas jarak poin menjadi, 7-8. Fajar/Rian akhirnya menutup interval gim pertama dengan keunggulan, 11-7.

Memasuki interval kedua gim pertama, Ahsan/Hendra tampil lebih tenang dan mendapakan dua poin beruntun guna menyamakan kedudukan, 14-14. Sebuah pengembalian shuttle cock dari Fajar Alfian sempat melebar dan membawa The Daddies berbalik unggul, 15-14. 

Tekanan demi tekanan yang dilepaskan Fajar/Rian berujung pada kesalahan sendiri yang kerap dilakukan Ahsan/Hendra. Empat poin beruntun didapatkan ganda putra peringkat pertama dunia tersebut dan mengantongi keunggulan 18-15. 

Akhirnya, sebuah pukulan backhand Muhamad Rian Ardianto gagal dikembalikan oleh Ahsan/Hendra. Fajar/Rian menutup gim pertama dengan keunggulan, 21-17, hanya dalam rentang waktu 14 menit. 

Tidak mau kehilangan momentum, Fajar/Rian langsung tancap gas pada gim kedua. Fajar/Rian pun sempat mengantongi keunggulan, 4-0. Namun, Ahsan/Hendra berhasil bangkit. Serangan The Daddies begitu tajam di perebutan empat poin berikutnya. Ahsan/Hendra pun mampu menyamakan kedudukan dan sempat berbalik unggul, 5-4.

Kendati begitu, Fajar/Rian justru mampu menutup interval gim kedua dengan keunggulan, 11-8. Agresivitas serangan Fajar/Rian terbukti mampu menyulitkan Ahsan/Hendra untuk mengembangkan permainan. Pun dengan //defense// apik yang ditunjukan Fajar/Rian.

Keunggulan ini mampu dipertahankan Fajar/Rian pada interval kedua gim kedua. Fajar/Rian mampu tampil taktis dalam menghadapi Ahsan/Hendra, yang jauh lebih senior. Fajar/Rian terus menjaga keunggulan lima poin, 18-13. Adu //drive// yang sempat terjadi dalam perebutan poin dimenangkan Fajar Alfian hingga akhirnya menutup keunggulan 19-13.

Namun, pertandingan sempat dihentikan dalam kondisi skor, 20-13, lantaran Mohamad Ahsan mengalami cedera. Meski kesulitan untuk bisa tampil, Ahsan tetap meminta laga untuk dilanjutkan. Fajar/Rian akhirnya dipastikan menjadi juara sektor ganda putra All England 2023, 21-17, 21-14.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement