Senin 20 Mar 2023 02:59 WIB

Gubernur Ingin Optimalkan Borobudur Marathon 2023 untuk Tumbuhkan Perekonomian Daerah

Borobudur Marathon tahun ini merupakan lomba lari yang bakal dinantikan banyak orang.

Para pelari beraksi di Borobudur Marathon tahun sebelumnya.
Foto: dok. Istimewa
Para pelari beraksi di Borobudur Marathon tahun sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, resmi meluncurkan rangkaian Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng di Kawasan Candi Borobudur, Magelang pada Sabtu (18/3/2023) malam. Dilansir dari Antara, Ahad (9/3/2023), rangkaian Borobudur Marathon 2023 dimulai dengan kegiatan Borobudur Marathon Menyapa. Selain Ganjar, kegiatan tersebut dihadiri Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Ganjar menyampaikan, Borobudur Marathon tahun ini merupakan lomba lari yang bakal dinantikan banyak kalangan masyarakat, khususnya bagi para pelari dari berbagai penjuru dunia.

Baca Juga

Selain itu, Borobudur Marathon 2023 bagi Ganjar sendiri juga menjadi ajang yang bakal dirindukan olehnya, menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai Gubernur Jawa Tengah pada September mendatang.

“Maka kelak kemudian hari, karena ini event yang saya tunggu diakhir masa jabatan saya agar bisa terus memasyarakatkan event ini,” ujar Ganjar usai melaunching.

Adapun, Borobudur Marathon tahun ini mengangkat tema Voice of Unity atau yang berarti Suara Persatuan. Dengan tema tersebut, diharapkan Borobudur Marathon dapat menyatukan segala perbedaan melalui ajang lomba lari.

Ganjar pun memperkirakan, setidaknya sebanyak 10 ribu pelari dari dalam negeri maupun mancanegara bakal turut serta dalam pagelaran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

“Borobudur Marathon akan kita mulai gerakkan lagi. Kurang lebih 10 ribu peserta kita harapkan ikut berlari di Borobudur Mararhon dengan tema Voice of Unity,” kata Ganjar.

Dampak perekonomian Magelang dan sekitarnya dari ajang Borobudur Marathon juga diprediksi bakal ikut meroket. Mulai dari sektor penginapan, mulai dari hotel, homestay, balkondes hingga destinasi wisata serta UMKM.

Ganjar mengharapkan, masyarakat Magelang dan sekitarnya dapat memaksimalkan event tersebut untuk meningkatkan penghasilan.

“Bank Jateng juga akan mempromosikan literasi keuangan untuk UMKM. Masyarakat setempat ikut terlibat, sport tourism-nya bisa ikut berjalan dengan baik. Saya berharap betul event ini menjadi event masyarakat untuk Borobudur dan sekitarnya,” kata Ganjar.

Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan digelar pada 19 November 2023 di kawasan Borobudur. Lomba tersebut terdiri dari beberapa kategori, yakni Full Marathon, Half Marathon dan 10K, dengan melibatkan pelari nasional dan internasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement