Selasa 21 Mar 2023 16:11 WIB

Soal Timnas Israel, Palestina Hargai Kewenangan Indonesia Sebagai Tuan Rumah PD U-20

Dubes Palestina mendukung Indonesia untuk memfasilitasi timnas Israel.

Pekerja merawat rumput lapangan sepak bola saat renovasi Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/3/2023). Renovasi Stadion Si Jalak Harupat tersebut ditujukan untuk perhelatan Piala Dunia U-20 pada Mei hingga Juni 2023 mendatang.
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Pekerja merawat rumput lapangan sepak bola saat renovasi Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/3/2023). Renovasi Stadion Si Jalak Harupat tersebut ditujukan untuk perhelatan Piala Dunia U-20 pada Mei hingga Juni 2023 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keikutsertaan Tim Nasional Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia yang digelar beberapa waktu lagi sempat mengundang kontroversi di tengah masyarakat. Namun, di sisi lain, Pemerintah Palestina justru tidak mempermasalahkan keikutsertaan Timnas Israel tersebut.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun menyatakan, pihaknya tidak dalam posisi mendukung atau menolak partisipasi Israel dalam turnamen sepak bola itu. Palestina pun memahami posisi Indonesia sebagai tuan rumah yang harus mengikuti aturan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dalam mengadakan turnamen.

Baca Juga

Sebagai tuan rumah, kata Zuhair, Indonesia justru harus memfasilitasi setiap tim yang berpartisipasi dan memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik demi kesuksesan turnamen internasional itu. 

"Keikutsertaan masing-masing negara dalam event ini tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak suka dengan suatu negara, karena setiap negara ikut serta sebagai bagian dari kompetisi yang berjalan sesuai aturan yang berlaku," ujar Zuhair, seperti dilansir pada Selasa (21/3/2023). 

Dalam hal ini, Pemerintah Palestina menghargai kewenangan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dan tidak ingin ikut campur terhadap keputusan Indonesia. Palestina berharap turnamen ini dapat berlangsung sukses dan tidak menimbulkan masalah di masa depan.

Lebih lanjut dia meyakini, dukungan Indonesia pada isu-isu yang berkembang di Palestina tidak akan pernah berubah. Indonesia senantiasa konsisten dan teguh dalam mendukung isu Palestina baik dalam berbagai forum regional, bilateral, maupun multilateral.

"Apa yang saya sampaikan merupakan salah satu yang ingin memupus adanya keraguan di kalangan banyak pihak. Dari apa yang saya lihat, dengar, rasakan, dan temui dari berbagai pejabat-pejabat resmi di Indonesia, dukungan Indonesia terhadap isu Palestina tidak akan pernah berubah," kata Zuhair.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun ini menjadi gerbang awal Indonesia bisa untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia tingkat senior.

Pada 2019, Indonesia melalui PSSI pernah mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Untuk itu, kata dia, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia harus sukses.

 

"Kalau ini tidak lolos, masa 2034 kita masih ngajuin. Ini harus jadi gerbang pembuka bukan malah gerbang penutupan. Adapun terkait timnas Israel, kemarin sudah disampaikan beberapa kali bahwa tugas utama PSSI melakukan persiapan timnas, secara teknis dari penyelenggaraan," kata Erick Thohir. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement