Rabu 22 Mar 2023 18:15 WIB

Plt Menpora Janji Cari Titik Temu Persoalan Kehadiran Timnas Israel

Indonesia telah ditetapkan sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia U-20 2023.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Plt Menpora dan Menko PMK, Muhadjir Effendy.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Plt Menpora dan Menko PMK, Muhadjir Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Muhadjir Effendy, menegaskan Piala Dunia U-20 2023 sudah menjadi komitmen pemerintah. Karena itu, pemerintah akan selalu berusaha mencari titik temu dalam menyelesaikan segala permasalahan termasuk persoalan pro-kontra kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023.

‘’Pokoknya ini kan sudah merupakan kebijakan pemerintah, karena itu kita akan mencari titik temu. Karena kita menjadi tuan rumah ini kan melamar, itu harus menjadi pertimbangan,’’ kata Muhadjir usai melakukan silaturahmi dengan pengurus KONI di Jakarta pada Selasa (21/3/2023). 

Muhadjir mengatakan akan terus mengomunikasikan untuk mencari solusi terkait masalah kehadiran Timnas Israel di perhelatan Piala Dunia U-20 2023. Namun pria yang menjabat sebagai Menko PMK tersebut juga menegaskan dirinya sangat menjunjung tinggi konstitusi dimana Indonesia menolak penjajahan, termasuk penjajahan Israel atas Palestina.

‘’Kita harus patuh terhadap Konstitusi itu ya, itu tidak bisa ditawar. Karena itu bukan hanya undang-undang, melainkan Undang-Undang Dasar yang letaknya di pembukaan pada alenia pertama," katanya, seperti dikutip dari situs Kemenpora, Rabu (22/3/2023).  

"Karena itu, kita tidak boleh main-main dengan itu (konstitusi),’’ ujarnya. ‘’Tetapi ingat, kita juga menjadi bagian dari warga dunia yang sekarang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah, yang belum tentu 50 tahun lagi kita mendapatkan kesempatan ini.’’  

Indonesia telah ditetapkan sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia U-20 2023. Dalam gelaran ini, pemerintah telah menetapkan enam provinsi sebagai tempat pelaksanaan, yaitu DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement