Kamis 23 Mar 2023 22:18 WIB

Ini Alasan Kawan Dekat Ronaldo Mundur dari Timnas Portugal

Setelah 20 tahun lamanya di timnas Portugal, ia memutuskan pergi.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/RODRIGO ANTUNES
Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Cristiano Ronaldo kini tak akan lagi melihat penasehatnya, Ricky Regufe ketika bergabung di skuad Portugal untuk jeda internasional Maret ini. Regufe telah mengumunkan pengunduran diri dari tugasnya di timnas Portugal saat Roberto Martinez mengambil alih posisi kursi pelatih.

Portugal akan memulai era baru di bawah kepelatihan Martinez tanpa Regufe yang memiliki hubungan dekat dengan Ronaldo. Regufe telah bekerja selama 20 tahun di timnas Portugal sekaligus berperan dalam kepindahan Ronaldo ke Al-Nassr.

Baca Juga

Keputusan Regufe mengundurkan diri di tengah santer spekulasi apakah Ronaldo akan mempertahankan ban kapten untuk tim nasional. Fernando Santos membangku cadangkan Ronaldo dalam dua pertandingan terakhir Portugal di Piala Dunia 2022. 

Martinez belum mengonfirmasi siapa yang akan mengenakan ban kapten untuk timnya. Bek veteran Pepe terdaftar sebagai kapten Portugal pada penghargaan FIFA the Best baru-baru ini, yang tidak dihadiri Ronaldo.

"Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk melayani negara saya sebagai anggota rombongan tim nasional selama dua dekade. Saya telah menjalani momen yang tak terlupakan dan berteman seumur hidup," tulis Regufe di Instagram dilansir dari Goal International, Kamis (22/3/2023).

Ia senang karena bisa menyaksikan dari dekat Portugal memenangkan dua trofi utama. Di samping itu bisa berperan membawa Ronaldo sebagai pemain terbaik di dunia.

"Saya berterima kasih kepada para pemain, pelatih, dan staf untuk semua yang kita alami bersama. Tahap baru dimulai tetapi keinginan untuk melihat tim nasional kita menang selalu sama!," ujarnya.

Martinez bicara tentang Ronaldo setelah memasukkan namanya ke skuad Portugal untuk kualifikasi Euro 2024. Mantan pelarih Belgia itu menegaskan Ronaldo tetap pemain kunci di tim nasional Portugal.

"Cristiano Ronaldo adalah pemain yang sangat berkomitmen," katanya. "Dia bisa membawa pengalaman dan sosok yang sangat penting bagi tim. Saya tidak memandang usia," ujar Martinez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement