Sabtu 25 Mar 2023 18:54 WIB

Pengaruh Messi Dinilai Sama dengan Maradona di Argentina

Kualitas Messi telah menyatukan ikatan batin antara pemain dan penggemar.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Argentina, Lionel Messi (paling depan).
Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko
Bintang timnas Argentina, Lionel Messi (paling depan).

REPUBLIKA.CO.ID, LINIERS -- Pelatih Velez Sarsfield, Ricardo Gareca, mengungkapkan betapa pentingnya Lionel Messi bagi skuad Argentina. Ia mengatakan, Messi sama seperti mendiang Diego Armando Maradona yang mempunyai pengaruh besar kepada tim Tango.

Messi saat ini berada di Argentina di jeda internasional bersama timnas Argentina. Argentina menang 2-0 atas Panama dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung di Stadion Monumental.

Baca Juga

Meski bertajuk laga persahabatan, suasananya layaknya pesta juara mengingat ini adalah laga pertama Argentina usai menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar.

“Semua orang ingin melihatnya (sebagai) juara. Maradona dan Messi tidak pernah kecanduan, mereka selalu memberontak. Mereka memberi mereka kebebasan, mereka membutuhkan dribel,” ujar Gareca tentang Messi, dilansir dari psgtalk, Sabtu (25/3/2023).

Pelatih berkebangsaan Argentina itu mengatakan, banyak orang ingin bergabung dengan timnas Argentina karena melihat kualitas tertentu pada diri Messi. Kualitas La Pulga itu dinilai telah menyatukan ikatan batin antara pemain dan penggemar.

“Orang-orang menyukainya; mereka merasa teridentifikasi. Itu hal yang paling sulit untuk dicapai. Di luar fakta bahwa dia keluar sebagai juara dunia, itu adalah sebuah ledakan,” kata Gareca.

Messi tampil mengesankan dalam laga persahabatan melawan Panama. Ia menjadi ancaman lini belakang Panama dengan aksi-aksi individunya. Beberapa kali tembakan bebasnya membentur mistar gawang. Hanya satu gol La Pulga yang mampu menjebol gawang lawan.

Messi memang dianggap sebagai titisan Maradona setelah mampu membawa trofi Piala Dunia 2022. Ia dianggap layaknya dewa. Berbagai bentuk penghormatan dilakukan oleh rakyat Argentina kepada Messi usai menjuarai Piala Dunia 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement