Ahad 26 Mar 2023 13:52 WIB

Jadi Bintang Kemenangan Spanyol atas Norwegia, Joselu: Umur Bukan Hal Terpenting

Joselu mencetak dua gol dalam laga debut bersama Spanyol sebagai pemain pengganti.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Spanyol Joselu berselebrasi setelah menjebol gawang Norwegia.
Foto: EPA-EFE/Carlos Diaz
Penyerang Spanyol Joselu berselebrasi setelah menjebol gawang Norwegia.

REPUBLIKA.CO.ID, MALAGA -- Hanya butuh dua menit buat Joselu untuk bisa langsung mencetak gol pada laga debut bersama timnas Spanyol. Tidak berhenti sampai di situ, catatan gol penyerang berusia 32 tahun itu buat La Roja pun bertambah hanya berselang dua menit dari gol debutnya.

Joselu menjadi muka baru di tim Matador di bawah besutan Luis de la Fuente. Penyerang Espanyol itu disertakan dalam skuad Spanyol yang bakal melakoni dua laga pembuka penyisihan Grup A Kualifikasi Euro 2024. Joselu akhirnya mendapatkan kesempatan memperkuat La Roja kendati telah menginjak usia 32 tahun.

Baca Juga

Walau awalnya bukan jadi andalan, Joselu justru menjadi sorotan utama pada laga perdana Spanyol di penyisihan Grup A, tepatnya saat membungkam Norwegia 3-0 di Stadion La Rosaleda, Malaga, Ahad (26/3/2023) dini hari WIB. Masuk menggantikan Alvaro Morata pada menit ke-81, Joselu langsung mencetak dua gol sekaligus hanya dalam rentang waktu dua menit, tepatnya pada menit ke-83 dan 85. Dua gol Joselu itu melengkapi keunggulan Spanyol yang ditorehkan melalui gol Dani Olmo pada menit ke-13. 

Spanyol, yang mengakhiri edisi terakhir Piala Eropa di babak semifinal, mengawali kiprah babak kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan langkah menyakinkan.

Khusus untuk Joselu, keberhasilan mencetak dua gol di laga debut mengantarkan pemain kelahiran Sttutgart itu memecahkan rekor anyar di timnas Spanyol. Joselu menjadi pemain pertama setelah Fernando Morientes pada 1998, yang mampu mencetak dua gol pada laga debut bersama La Roja.

Pascalaga kontra Norwegia, eks penyerang Real Madrid itu pun mengucapkan terima kasih kepada Luis de Fuentes, yang telah memberikannya kesempatan untuk memperkuat Spanyol. Bahkan, De Fuentes memberikan kesempatan Joselu tampil dalam debutnya melatih timnas Spanyol

''Saya harus mengucapkan terima kasih kepada pelatih untuk kepercayaan yang dia berikan kepada saya dalam laga pertamanya sebagai pelatih tim ini. Saya hanya berusaha membalas semua kepercayaan yang dia berikan kepada saya,'' kata Joselu seperti dikutip Reuters, Ahad (26/3/2023).

Torehan dua gol pada laga debut bersama tim Matador memicu semangat dan antuasiasme Joselu untuk bisa menunjukan performa serupa pada pertandingan berikutnya. Lewat performa pada laga ini, Joselu seolah membuktikan usia hanya sebatas angka.

''Saat ini, saya merasa seperti bocah berumur 18 tahun lagi. Saya kira, umur bukanlah hal terpenting. Ini menjadi hari terbaik untuk bisa membuktikan hal tersebut,'' kata penyerang yang mencetak 13 gol dari 26 penampilan di semua ajang pada musim ini tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement