Ahad 26 Mar 2023 21:36 WIB

Francesco Bagnaia Dua Kali Juara di GP Portugal, Marquez Keluar Balapan

Francesco Bagnaia finis dengan catatan waktu 41 menit 25,401 detik di GP Portugal.

 Pembalap MotoGP asal Italia, Francesco Bagnaia (ilustrasi) dari Ducati Lenovo Team menjuarai Grand Prix Portugal, Ahad (26./3/2023).
Foto: EPA-EFE/NUNO VEIGA
Pembalap MotoGP asal Italia, Francesco Bagnaia (ilustrasi) dari Ducati Lenovo Team menjuarai Grand Prix Portugal, Ahad (26./3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PORTIMAO -- Juara dunia MotoGP Francesco Bagnaia dari Ducati memenangi Grand Prix Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, Ahad (26/3/2023) malam WIB, sebagai pembuka musim 2023. Ia kini memimpin klasemen pembalap dengan poin maksimal 37, setelah menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 25,401 detik.

Sehari sebelumnya, Bagnaia memenangkan sprint pertama MotoGP pada Sabtu (25/3/2023) untuk memuncaki klasemen sementara. Kemenangan pada balapan Ahad, yang ia dominasi setelah memimpin, memberinya 25 poin lagi.

Baca Juga

Pembalap Italia ini bahkan merayakan kemenangannya dengan selebrasi gol khas bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo, yang membuat para pendukung tuan rumah senang.

Maverick Vinales dari Aprilia dan Marco Bezzecchi dari VR46 Racing melengkapi podium. Namun Bagnaia adalah yang paling senang karena ia memulai musim ini dengan baik setelah menunggu enam balapan tahun lalu untuk meraih kemenangan dan podium pertamanya.

"Balapan yang sangat panjang, saya sangat senang. Musim ini kami memulai seperti yang saya inginkan, seperti yang diinginkan tim. Terima kasih kepada tim yang telah melakukan pekerjaan yang luar biasa," ujar Bagnaia.

Peraih pole sitter kejutan Marc Marquez dengan cepat keluar dari garis start, namun tertinggal tiga posisi di belakang saat para pembalap saling berebut posisi. Pembalap favorit lokal Miguel Oliveira melakukan start yang luar biasa untuk naik dari posisi keempat ke posisi pertama di lap pertama.

Namun, saat Marquez berusaha naik ke posisi ketiga, ia bersenggolan dengan Jorge Martin dari Pramac Racing, yang berhasil menjaga keseimbangannya, sebelum pembalap Honda itu menabrak Oliveira dan kedua pembalap tersebut terjatuh dan keluar dari balapan.

Para penggemar tuan rumah bersorak ketika tayangan ulang kecelakaan tersebut ditayangkan di layar lebar. Mereka tidak dalam suasana hati yang memaafkan ketika Marquez kembali ke paddock, sambil mengangkat kedua tangannya ke tribun penonton sebagai tanda permintaan maaf.

Oliveira dibawa ke pusat medis untuk menjalani pemeriksaan, dengan tayangan ulang yang menunjukkan bahwa motor Marquez mungkin menabraknya dari belakang.

Vinales memanfaatkan insiden tersebut untuk naik ke posisi kedua di belakang pemimpin klasemen Bagnaia dan Bezzecchi berada di posisi ketiga.

Namun Bagnaia memperpanjang keunggulannya atas Vinales, yang meraih podium pertamanya sejak Grand Prix San Marino tahun lalu, sementara Bezzecchi hanya meraih podium kedua di MotoGP.

"Pekerjaan yang kami lakukan akhir pekan ini terbayar sudah. Saya berusaha sangat keras karena saya tahu Aprilia memiliki lebih banyak hal," kata Vinales.

Johann Zarco membuat kejutan di akhir balapan dengan menyalip beberapa pembalap di lap terakhir untuk finis di urutan keempat meski harus berjuang melawan sakit, sementara Alex Marquez, yang pindah ke Gresini Racing tahun ini, finis di urutan kelima.

Hasil Balap GP Portugal 2023

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

2 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

3 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

4 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)

5 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)

6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

7 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)

8 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

9 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

10 Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)

11 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)

12 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

13 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*

14 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)

Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)

Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)

Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)

Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement