Senin 27 Mar 2023 10:26 WIB

Tak Hanya di Piala Dunia U-20, Israel Juga akan Tampil di World Beach Games 2023 Bali

Belum ada penolakan pada tim Israel yang akan tampil di World Beach Games 2023 Bali.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gubernur Bali I Wayan Koster (kanan). Wayan Koster menyatakan penolakan terhadap kehadiran timnas sepak bola Israel di Bali pada gelaran Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.
Foto: ANTARA/Wahyu Putro A
Gubernur Bali I Wayan Koster (kanan). Wayan Koster menyatakan penolakan terhadap kehadiran timnas sepak bola Israel di Bali pada gelaran Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, LAUSSANE -- Kehadiran timnas sepak bola Israel U-20 sebagai salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023 Indonesia mengundang kontroversi tersendiri. Sejumlah pihak, termasuk Gubernur Bali, I Wayan Koster, menolak kehadiran timnas Israel U-20 termasuk dengan kemungkinan merumput di Pulau Dewata.

Polemik penolakan kehadiran timnas Israel U-20 itu pun berbuntut panjang. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memutuskan membatalkan gelaran drawing Piala Dunia U-20, yang rencananya digelar di Bali pada 31 Maret 2023 mendatang.

Baca Juga

Berdasarkan keterangan salah satu anggota Komite Eksekutif Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Arya Sinulingga, pembatalan tersebut tak terlepas dari penolakan I Wayan Koster terhadap kehadiran Israel di Bali di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Pembatalan drawing grup Piala Dunia U-20 ini pun berimbas pada potensi pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Bukan tidak mungkin, akibat berbagai polemik tersebut, FIFA memutuskan memindahkan penyelengaraan Piala Dunia U-20 2023, yang bakal digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang, ke negara lain.

Piala Dunia U-20 2023 sebenarnya bukan satu-satunya agenda olahraga yang bakal digelar di Bali dengan melibatkan timnas Israel sebagai salah satu peserta. Pada 5 Agustus hingga 12 Agustus 2023 mendatang, Bali akan menjadi tuan rumah gelaran World Beach Games 2023.

Para atlet dari 36 Komite Olimpiade Nasional (NOC) dipastikan bakal ambil bagian dalam event tersebut, termasuk NOC Israel. Para atlet tersebut sudah lolos via sistem kualifikasi yang telah ditetapkan Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) selaku penyelenggara World Beach Games

''Benar-benar fantastis sudah melihat ada 36 NOC telah lolos ke World Beach Games 2023 yang akan digelar di Bali. World Beach Games adalah kejuaraan unik yang menggabungkan olahraga elite dan budaya pantai di seluruh dunia. Sistem kualifikasi di kejuaraan ini memungkinkan terjaganya standar tinggi keolahragaan dan seraya menyaring sebanyak mungkin negara peserta,'' kata Presiden ANOC, Robin Mitchell, seperti dikutip laman resmi ANOC, beberapa waktu lalu.

Secara khusus, Israel akan bertanding di nomor renang perairan terbuka 5 kilometer putri di gelaran World Beach Games 2023. Tim putri Israel akan bersaing dengan 26 tim dari negara atau NOC lain yang ikut ambil bagian di salah satu nomor paling bergengsi di World Beach Games tersebut.

Sejauh ini, belum ada penolakan pada tim Israel yang akan tampil di World Beach Games 2023, sebagaimana yang terjadi di Piala Dunia U-20 2023. Kedua ajang itu sama-sama digelar di Bali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement