Senin 27 Mar 2023 17:51 WIB

Komisi X DPR RI Minta PSSI Antisipasi Potensi Sanksi FIFA

Ada potensi FIFA untuk menjatuhkan sanksi terhadap PSSI dan sepak bola Indonesia.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda memberikan keterangan pers.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda memberikan keterangan pers.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengaku prihatin jika Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Apalagi, penolakan terhadap tim nasional (timnas) Israel dalam helatan dua tahunan tersebut berdampak terhadap hadirnya sanksi untuk persepakbolaan Indonesia dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

"Ada potensi FIFA untuk menjatuhkan sanksi terhadap PSSI sehingga pasti berdampak pada keikutsertaan Indonesia dalam berbagai event atau forum sepak bola baik di level regional maupun internasional. PSSI dan pemerintah pun harus bergerak cepat agar hal itu tidak terjadi," ujar Huda kepada wartawan, Senin (27/3/2023).

Baca Juga

Huda memahami pendapat yang menyatakan penolakan terhadap timnas Israel, mengingat tindakan negara tersebut terhadap Palestina. Namun, sangat disayangkan penolakan tersebut justru terjadi jelang pengundian grup untuk Piala Dunia U-20 pada 31 Maret 2023.

“Kalau Indonesia dikucilkan dari ekosistem sepak bola internasional bisa memberikan dampak panjang bagi pembinaan tim nasional baik di level junior maupun senior," ujar Huda.

PSSI menyatakan tidak mengetahui alasan penolakan sejumlah pihak pada timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 baru disuarakan belakangan. Padahal, negara tersebut telah lolos ke turnamen yang akan berlangsung di Indonesia itu sejak Juli 2022 setelah mengunci status sebagai finalis Piala Eropa U-19.

Belakangan ini, dua provinsi yang mendapat amanah untuk menjadi tempat berlangsungnya Piala Dunia U-20 menyuarakan penolakan terhadap kedatangan timnas Israel. Kedua provinsi tersebut adalah Jawa Tengah dan Bali sehingga kemudian berdampak pada pembatalan drawing peserta grup Piala Dunia U-20, yang dijadwalkan di Bali, 31 Maret.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement