Kamis 30 Mar 2023 08:43 WIB

Respons 3 Calon Pemain Naturalisasi Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Muncul pertanyaan apakah tiga pemain itu akan tetap melanjutkan proses naturalisasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Justin Hubner (kiri) dan Ivar Jenner, dua calon pemain naturalisasi Indonesia untuk membela timnas U-20.
Foto: DOK PSSI
Justin Hubner (kiri) dan Ivar Jenner, dua calon pemain naturalisasi Indonesia untuk membela timnas U-20.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga calon pemain naturalisasi yang berpotensi menjadi bagian dari skuad timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023, yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struijk, ikut memposting pernyataan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Ketiganya juga membagikan momen kesedihan skuad Indonesia.

Tak ada perkataan apapun yang dikeluarkan oleh ketiga pemain tersebut. Mereka hanya memposting pernyataan FIFA dan momen kesedihan pemain skuad Garuda Muda di Instagram story masing-masing.

Baca Juga

Justin Hubner hanya memposting pernyataan FIFA yang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Sedangkan Ivar Jenner dan Rafael Struick selain memposting pernyataan FIFA juga memposting kesedihan rekan-rekannya itu.

Justin Hubner sedang dalam proses naturalisasi. Komunikasi antara PSSI dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) dilaporkan tengah berlangsung. Hubner kini memperkuat klub Inggris Wolverhampton Wanderers U-21. Ia dinilai sebagai salah satu bek menjanjikan di masa depan.

Ivar Jenner juga digadang-gadang akan menjadi bagian dari skuad Indonesia di Piala Dunia U-20. Jenner adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang. Ia kini berseragam untuk klub Jong FC Utrecht. Sementara Rafael Struijk adalah pemain berposisi penyerang yang kini bermain untuk klub ADO.

Dengan batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, maka Indonesia juga dipastikan tak akan berpartisipasi di turnamen ini. Muncul pertanyaan apakah tiga pemain tersebut akan tetap melanjutkan proses naturalisasinya.

Komisi X DPR RI telah menyetujui rekomendasi kewarganegaraan tiga pemain tersebut pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Plt Menpora RI Muhadjir Effendy, Waketum PSSI Ratu Tisha, dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement