Kamis 30 Mar 2023 19:48 WIB

Marc Klok Tegaskan Timnas U-20 akan Selalu Dapat Dukungan dari Football Family

Klok memahami pencoretan Indonesia sulit bagi para pemain timnas U-20.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia Marc Klok memberi semangat kepada para juniornya yang membela timnas U-20.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain timnas Indonesia Marc Klok memberi semangat kepada para juniornya yang membela timnas U-20.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gelandang tim nasional Indonesia Marc Anthony Klok ikut merespons pencopotan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA mengumumkan keputusan pahit ini pada Rabu (29/3/2023) malam WIB. 

Klok memahami kenyataan ini terasa sulit bagi para juniornya. Apalagi ia melihat sendiri persiapan Muhammad Ferarri dan rekan-rekan selama ini. Beberapa tergabung bersamanya memperkuat timnas senior. Di antaranya ada Ferarri, kemudian Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Menurut Klok, apa yang terjadi di luar kendali awak Garuda Muda. Ia berharap skuad timnas Indonesia U-20 tidak kehilangan semangat. Banyak pihak mengetahui bagaimana mereka terus mengembangkan aspek teknis, fisik, dan mental selama pemusatan latihan.

"Saya yakin, Anda akan terus menjadi inspirasi bagi komunitas sepak bola Indonesia dan di seluruh dunia," tulis gelandang Persib Bandung ini di Instagram pribadinya, Kamis (30/3/2023).

"Tetap tegakkan kepala Anda, dan ingat Anda mendapat dukungan dari football family dalam petualangan Anda menuju kesuksesan," kata Klok menambahkan.

Mantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga bereaksi. Melalui media sosialnya, purnawirawan  perwira tinggi Polri ini fokus memberikan peneguhan kepada para pemain timnas U-20. Iriawan sangat mengenal Arkhan Fikri dkk. Saat masih aktif bertugas di PSSI, ia mengikuti sepak terjang segenap wonderkid garuda itu.

"Saya tahu ini bukan situasi yang mudah untuk kalian hadapi. Saya tahu kalian telah bekerja sangat keras untuk mempersiapkan diri dan siap bertanding degan penuh semangat di depan pendukung Indonesia. Rasa kekecewaan dan frustrasi pasti dirasakan oleh kalian semua, dan saya turut merasakannya," tulis sosok yang akrab disapa Iwan Bule ini di instagram resminya.

Ia mengaku bangga dengan semangat juang yang ditunjukkan para pemain tersebut di lapangan. Ia berulang kali melihatnya. Menurut Iriawan, ini saat yang tepat untuk memperlihatkan karakter sejati sebagai tim yang tangguh dan pantang menyerah.

"Saya bersama seluruh masyarakat Indonesia akan terus mendukung dan mendoakan kalian. Teruslah berjuang untuk sepak bola Indonesia," tutup Iwan Bule.

Ia mengunggah video salah satu momen kebersamaannya dengan skuad garuda muda di lapangan. Nampak sosok kelahiran Jakarta ini berbicara memberikan arahan agar para pemain fokus berlatih keras. Ia juga memeluk Hokky Carakka dkk, satu per satu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement