Jumat 31 Mar 2023 09:12 WIB

Pelatnas Basket Saat Puasa, Menu Sahur Sandy Perbanyak Kurma, Ali Bagir Minum Madu

Ada sejumlah pemain pelatnas basket yang tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas basket Indonesia Milos Pejic saat memberikan instruksi pada para pemainnya.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas basket Indonesia Milos Pejic saat memberikan instruksi pada para pemainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selepas waktu Ashar, Kamis (30/3/2023), 19 pebasket terbaik di tanah air bersiap melahap menu latihan dari pelatih kepala Milos Pejic. Berlari-lari sedang hingga cepat dalam lapangan, melompat berebut bola, menjaga lawan agar pertahanan tidak kebobolan, serta berbalik menyerang berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang menjadi pemandangan sore itu.

Sesekali pelatih kepala asal Serbia yang dibantu sejumlah asisten pelatih seperti Wahyu Widayat Jati dan Johanis Winar mengarahkan sistem atau pola bermain. Saat sejumlah pebasket sedang mempraktikkan sistem itu, yang lain memperhatikan dari tepi lapangan. Ada yang sambil meneguk minuman air mineral. Karena memang rasa haus mencekat setelah banyaknya air keringat yang keluar.

Baca Juga

Namun ada beberapa pemain tak minum, melirik botol minuman pun tidak. Karena memang sore itu waktu Maghrib belum datang. Ini karena ada sejumlah pemain yang tetap menjalankan ibadah puasa walaupun harus mengikuti pelatnas basket dalam rangka persiapan SEA Games 2023 Kamboja.

Sandy Ibrahim Aziz, Ali Bagir, Yudha Saputera, Andakara Prastawa, Muhamad Arighi, dan Aldy Izzatur adalah pebasket yang tetap berusaha untuk tidak batal puasanya walau mendapat gemblengan cukup intens selama latihan. Walau sebenarnya mendapat keringanan, mereka tetap menunjukkan kondisi terbaiknya seperti pengakuan dua pemain Satria Muda Sandy Ibrahim dan Ali Bagir ketika berbincang dengan Republika.co.id usai latihan.

"Bersyukur kita dipanggil masuk pelatnas. Saya tetap puasa selama latihan ini. Walau puasa saya tetap ingin tunjukkan kemampuan terbaik, harapannya tentu bisa terpilih dalam tim utama nantinya," ujar Sandy.

Ali Bagir menambahkan, tidak ada bedanya latihan saat puasa atau tidak walau ada sedikit menurunkan tempo. "Tapi bagi saya sama saja, tetap semangat tetap kuat, asyik-asyik saja."

Mengenai menu sahur selama Ramadhan, agar puasa tetap kuat meski harus latihan cukup berat, Sandy memperbanyak minum air putih plus vitamin dan makan kurma yang banyak. "Kalau saya perbanyak air putih, minum vitamin, dan perbanyak makan kurma saat sahur."

Sedangkan Ali Bagir mengaku tak pernah melewatkan santap sahur dengan selalu meminum madu. "Setiap sahur tak ketinggalan selalu minum madu agar tetap kuat dan bugar selama puasa."

Dari 19 pemain ini nanti hanya dipilih 15 yang berangkat try-out ke Australia pada 4 hingga 24 April 2023. Sedangkan yang dipilih menjadi skuad inti SEA Games 2023 Kamboja hanya 12 pemain.

Daftar Pemain Basket Putra Indonesia untuk Training Camp SEA Games 2023:

Guard:

Anthony Beane Jr (Indonesia Patriots), Yudha Saputera (Prawira Harum Bandung), Muhamad Arighi (Pelita Jaya Bakrie), Andakara Prastawa (Pelita Jaya Bakrie), Antoni Erga (Satria Muda Pertamina), Yesaya Saudale (Pelita Jaya Bakrie), Widyanta Putra Teja (Satria Muda Pertamina), Althof Dwira Satrio (RANS PIK Basketball)

Forward:

Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United Banten), Arki Dikania Wisnu (Satria Muda Pertamina), Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina), Juan Laurent Kokodiputra (Satria Muda Pertamina), Aldy Izzatur (Pelita Jaya Bakrie), Ali Bagir (Satria Muda Pertamina), Laurentius Oei (Satria Muda Pertamina), Dame Diagne (Indonesia Patriots)

Center:

Vincent Rivaldi Kosasih (Pelita Jaya Bakrie), Kelvin Sanjaya (Indonesia Patriots), Julian Chalias (Indonesia Patriots).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement