Jumat 31 Mar 2023 10:07 WIB

Cabang Olahraga Panahan di Bandar Lampung Didukung untuk Terus Berkembang

Panahan dinilai mampu meningkatkan konsentrasi.

Aksi atlet panahan di Bahtera Archery Club (BAC) di Lapangan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Kamis (30/3/2023).
Foto: Dok. Web
Aksi atlet panahan di Bahtera Archery Club (BAC) di Lapangan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Kamis (30/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Saat ini cabang olahraga (cabor) panahan menjadi salah satu cabang olahraga yang digemari oleh masyarakat di Bandar Lampung, Lampung, terutama para pemuda. Itu karena, olahraga tersebut dinilai mampu mengasah keterampilan, ketelitian dan meningkatkan konsentrasi.

Berangkat dari hal ini, Koordinator Wilayah (Korwil) relawan muda OMG atau Orang Muda Ganjar Provinsi Lampung, Risky Ramadhan menyerahkan bantuan alat panahan kepada Bahtera Archery Club (BAC) di Lapangan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Kamis (30/3/2023). 

Baca Juga

"Kami menggelar kegiatan latihan dan memberikan bantuan alat untuk mengasah kemapuan pemanah dengan baik. Kami mendukung kegiatan itu karena olahraga panahan sendiri cukup digandrungi oleh masyarakat terutama pemuda," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, OMG memberikan seperangkat alat panahan kepada BAC dengan tujuan komunitas tersebut bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan daerah Lampung melalui cabang olahraga panahan.

"Jumlahnya sebanyak 30 set, kami memberikan bantuan seperti busur, sarung panah dan anak panahan. Dengan harapan fasilitas itu bisa dioptimalkan dalam menunjang latihan cabang olahraga panahan yang lebih baik, sehingga bisa menghasilkan para atlet nasional di cabor itu," ujar dia.

OMG berupaya memberikan yang terbaik untuk cabang olahraga tersebut. Sebab, Risky meyakini bahwa masyarakat terutama pemuda di Lampung memiliki bakat yang bisa dioptimalkan untuk memberikan prestasi di kancah nasional.

Untuk itu, dirinya mengupayakan dalam waktu dekat bisa menggelar kegiatan lanjutan dengan mengadakan kompetisi panahan se Provinsi Lampung.

"Untuk mengoptimalkan peran atlet, ke depan kami akan coba bersinergi untuk menggelar kegiatan kompetisi panahan se-Provinsi Lampung supaya latihannya terarah dan terukur karena ada target kompetisi. Mudah-mudahan bisa terlaksana dalam waktu dekat," lanjutnya.

Risky mengaku para peserta dalam tersebut merespon positif kegiatan yang dilakukan oleh OMG. Menurutnya, komunitas tersebut berkomitmen untuk mendukung program-program OMG selanjutnya.

"Alhamdullilah respons dari komunitas pemanah tersebut menerima dengan baik. Ke depan, mereka berkomitmen untuk mendukung upaya positif dalam meningkatkan kapasitas pemuda terutama dalam mengembangkan industri olahraga di Lampung," kata dia. 

Kelompok relawan OMG bukan sekali ini saja melakukan upaya di dunia olahraga. Sebelumnya, OMG cabang Tegal menggelar pelatihan dan mentoring kepada sejumlah komunitas olahraga bola basket sebagai upaya merangkul kalangan milenial.

Koordinator OMG Tegal Muhammad Akmal Arravi mengatakan, kegiatan mentoring itu diisi dengan pertandingan basket.

"Kami ingin mewujudkan talenta muda berbakat dalam cabang olahraga basket melalui sustainable mentoring," katanya, demikian dilansir dari Antara. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement