Jumat 31 Mar 2023 22:34 WIB

Livescore LIga 1: Persija Taklukkan Persib 2-0 pada Bigmatch Liga 1

Persija membalaskan kekalahan 0-1 pada pertemuan pertama kontra Persib di Liga 1.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, Persija mengalahkan Persib 2-0 di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Jumat (31/3/2023)
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1, Persija mengalahkan Persib 2-0 di Stadion Patriot Candrabagha, Bekasi, Jumat (31/3/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Persija Jakarta tampil impresif saat bertemu Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/23. Macan Kemayoran unggul 2-0 atas Persib di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (31/3/2023) malam WIB. Hasil ini revans atas pertemuan pertama yang dimenangkan Persib 1-0.

Tambahan tiga angka tak berarti banyak bagi Persija. Tim asuhan Thomas Doll masih tertahan di posisi ketiga dengan nilai 57, belum mampu menggusur Persib dari posisi kedua dengan poin 59. Persija juga sudah pasti tak bisa juara. Namun kemenangan Persija semakin menegaskan PSM memastikan gelar juara Liga 1 musim 2022/2023. Pada saat yang sama, PSM mengalahkan Madura United 3-1 dan sudah pasti tak tergusur oleh Persib dengan laga tersisa.

Baca Juga

Jalannya laga

Duel ketat tersaji sejak awal. Pada menit kedelapan, Persija mendapat peluang emas perdana. Berawal dari sepak pojok, upaya penggawa tuan rumah mengenai tiang gawang lawan.

Setelahnya, Macan Kemayoran lebih banyak mengancam, meski mengandalkan serangan balik. Namun sampai setengah jam laga berjalan, belum ada perubahan skor. Pada menit ke-35, anak asuh Thomas Doll kembali mendulang peluang.

Terjadi kerja sama segitiga para pemain depan Persija, di area pertahanan Persib. Witan Sulaeman mengirimkan umpan tarik ke Rico Simanjuntak. Rico lantas melakukan crossing, disambar Aji Kusuma dengan sundulan.  Beruntung bagi kubu tamu. Bola tandukan Aji bisa ditangkap Reky Rahayu.

Persib tak tinggal diam. Skuad polesan Luis Milla menerapkan pressing tinggi. Marc Klok dan rekan-rekan menguasai lini tengah. Meski demikian, pangeran biru kesulitan mendapatkan kans emas.

Pada waktu nyaris tak terlihat perubahan berarti. Pada injury time, terjadi kesalahan di lini belakang Persib. Riko memanfaatkan situasi tersebut. Dengan tenang ia memperdaya kiper lawan. Skor 1-0 untuk keunggulan Macan Kemayoran bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, intensitas pertandingan meningkat. Pada menit ke-60, Milla melakukan perubahan drastis di skuadnya. Ia menarik Marc Klok, Victor Igbonefo, serta Frets Listanto Butuan. Sebagai gantinya ia memasukkan Ricky Kambuaya, Beckham Putra, juga Kakang Rudianto.

Persib terus menekan. Persija belum mengubah pendekatan mereka. Anak-anak ibu kota tetap mengandalkan strategi serangan balik cepat. Transisi menjadi kunci dalam taktik ini.

Cara ini terbukti efektif. Pada menit ke-72, Macan Kemayoran memperlebar jarak. Berawal dari situasi sepak pojok. Riko yang mendapat umpan mendatar dari rekannya, langsung melakukan crossing ke pertahanan Maung Bandung. 

Bola yang datang disambar Michael Krmencik dengan sundulan, merobek jala kubu tamu. Persija mampu mempertahankan keunggulan dua gol mereka hingga duel usai. Sebuah hasil positif diraih anak asuh Thomas Doll melawan rival klasik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement