Senin 03 Apr 2023 16:40 WIB

Presiden Jokowi Resmi Lantik Dito Ariotedjo Sebagai Menpora Baru

Dito merupakan pengusaha muda dan aktif di dunia olahraga.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Endro Yuwanto
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Indonesian Presidential Palace via AP
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023) sore. Dito dilantik menggantikan Zainudin Amali yang telah mengundurkan diri.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 26/P Tahun 2023 tentang pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Dito saat pengambilan sumpah jabatan.

Selain melantik Menpora, Presiden Jokowi juga melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru, yaitu Komisaris Jenderal (Pol) Rycko Amelza Dahniel. Rycko Amelza Dahniel dilantik menggantikan Komjen Boy Rafli Amar yang telah pensiun. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No 51/TPA tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan di lingkungan BNPT.

Usai pelantikan, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat diikuti oleh para pejabat lainnya. Pelantikan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy.

Dito Ariotedjo diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar.

Dito merupakan pengusaha yang pada 2021 lalu bekerja sama dengan selebritas Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor Rudy Salim untuk membentuk Rans Sport. Di bidang olahraga, Dito pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Dito saat ini masih menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Sementara itu, Kepala BNPT Rycko diketahui merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1988 dengan meraih predikat lulusan terbaik. Pria kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966 tersebut berpengalaman dalam bidang reserse.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement