Rabu 05 Apr 2023 17:09 WIB

Timnas Basket 3x3 Putra Bertekad Persembahkan yang Terbaik Walau tanpa Naturalisasi

Fandi Andika Ramadhani ditunjuk menjadi pelatih timnas basket 3x3 putra SEA Games

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih tim basket 3X3 Timnas Putra Fandi Andika Ramadhani (kiri) .
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih tim basket 3X3 Timnas Putra Fandi Andika Ramadhani (kiri) .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak sembilan pemain telah dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (Pelatnas) basket 3x3 putra yang dipersiapkan tampil di SEA Games 2023 Kamboja. Tak ada satu pun pemain naturalisasi dalam tim yang akan dilatih Fandi Andhika Ramadhani.

Walau begitu, Rama, sapaan akrab sang pelatih, bertekad memberikan yang terbaik di ajang multi even terbesar di Asia Tenggara nanti.

"Kita tidak mau hanya sekedar ikut saja. Kita ingin kasih yang terbaik." ujar Rama saat berbincang dengan Republika.co.id, Rabu (5/4/2023).

Sosok yang pernah mewakili Indonesia dalam tim yang menjadi juara seri dunia 3x3 Tokyo Masters 2013 ini mengaku baru sepekan lalu diminta menjadi pelatih. Rama kemudian diminta masukannya dalam memilih sembilan pemain yang dipanggil ke pelatnas.

"Pelatnas 3x3 akan mulai besok di GBK Arena Jakarta tahap pertama sampai 19 April 2023. Setelah itu libur Lebaran," ujarnya.

Rama menambahkan, Pelatnas tahap dua mulai lagi pada 26 April dengan jumlah pemain empat pemain inti yang didaftarkan ke SEA Games 2023. Serta dua pemain cadangan untuk membantu latihan dan jaga-jaga kalau ada yang cedera. 

"Pelatnas sepenuhnya dilakukan di dalam negeri. Tak ada waktu juga try out ke luar negeri. Kita pakai jam latihan pelatnas 5x5 yang saat ini sedang ke Australia. Ada dua pemain muslim yang puasa Ikram Fadhil dan Reza Guntara, kita lihat kondisinya besok bagaimana, apakah kalau kita gas maksimal seperti apa kondisinya." imbuhnya.

Menurut Rama, yang utama harus diubah adalah mind set pemain tentang cara bermain 3x3. Maklum, mereka semua terbiasa main 5x5. Seperti cara defense, pemain disebutnya masih suka bermain 1 lawan 1. Kemudian adaptasi dengan waktu serang yang hanya 12 detik. Serta keputusan cepat usai ofense ke depense.

"Di FIBA Asia Cup lalu, saya lihat masih suka telat dan akhirnya lawan bisa menembak dari luar tanpa penjagaan," ujarnya.

Padahal lanjut Rama, di 3x3 terkena tembakan luar itu sakit karena perolehan poinnya dua. "Ya nanti juga akan ada waktu khusus para pemain mempertajam tembakan jauh. Tapi yang penting mind set bermain 3x3 dulu, jangan masih terbawa 5x5," kata sosok yang menjuarai kontes tembakan jarak jauh di final dunia 3x3 2013.

Ia mengatakan, kekuatan 3x3 Asia Tenggara saat ini merata. Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Singapura kemampuannya hampir merata.

"Semoga mendapat hasil terbaik, walau kita tanpa naturisasi." kata Rama.

PP Perbasi memanggil sembilan pemain untuk mengikuti pelatnas 3x3 Putra. Mereka, yaitu Avan Seputra, Anthony Erga, Laurentius Oei, Agus Salim, Ikram Fadhil, Reza Guntara, Kevin Moses Poetiray, Karl Patrick Utiarahman dan Nikson Damara Gosal. ,

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement