Kamis 06 Apr 2023 22:44 WIB

Menpora Dito Bahagia FIFA Hanya Beri Sanksi Ringan kepada Indonesia

Menpora bahagia lobi Ketum PSSI Erick membuat Indonesia terhindar dari sanksi berat.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengaku bahagia Indonesia hanya mendapatkan sanksi ringan dari FIFA.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengaku bahagia Indonesia hanya mendapatkan sanksi ringan dari FIFA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, menyambut baik keputusan FIFA yang menjatuhkan sanksi ringan kepada Indonesia. Dito mengaku bahagia setelah lobi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bisa menjauhkan Indonesia dari sanksi yang berat.

"Kami bahagia akhirnya lobi Ketum PSSI, Erick Thohir, bisa membawa Indonesia dijauhkan dari sanksi berat," kata Menpor kepada Republika, Kamis (6/4/2023) malam.

BACA JUGA: Erick Thohir: Alhamdulillah, FIFA Hanya Beri Indonesia Kartu Kuning tidak Kartu Merah

.

Kebahagiaan Menpora wajar lantaran Indonesia dibayangi sanksi berat dari FIFA menyusul pembatalan pagelaran Piala Dunia U-20. Publik sepak bola Indonesia khawatir FIFA kembali menjatuhkan sanksi seperti pada 2015 karena kuatnya aroma politik saat itu.

Dito menyampaikan Kementerian Pemuda dan Olahraga akan terus fokus mendukung persiapan Timnas Indonesia dan kompetisi sepak bola di Tanah Air. "Sebagai Kementerian yang fokus pada pengembangan olahraga, kami akan terus mendukung persiapan, pembinaan Timnas sepak bola serta kompetisi ke depan," ujar Dito.

Menpora menuturkan dalam blue print sepak bola Indonesia, harus ada kompetisi berjenjang yang akan menghasilkan bakat muda. "Kompetisi berjenjang bisa menghasilkan bakat muda yang bisa menjadi masa depan sepak bola Indonesia," kata Menpora.

Sebelumnya FIFA menjatuhkan sanksi ringan kepada Indonesia terkait batalnya pagelaran Piala Dunia U-20. Beruntung, Indonesia hanya dikenakan sanksi tak mendapatkan jatah dana dari program FIFA Forward. Sanksi ini diterapkan hingga Indonesia bisa menerapkan transformasi sepak bola yang dijanjikan dengan maksimal.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukurnya karena Indonesia terhindar dari sanksi berat setelah FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Erick Thohir berkata FIFA memberikan sanksi administrasi kepada PSSI.

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepak bola, Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepak bola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," ujar Erick yang tengah berada di Paris, Prancis, Kamis (6/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement