Kamis 06 Apr 2023 22:52 WIB

Effendi Gazali: Terima Kasih Erick Thohir Sudah Perjuangkan Nasib Indonesia di FIFA

Sanksi ringan dari FIFA membuat Timnas Indonesia bisa bertanding di Sea Games 2023.

Effendi Gazali
Foto: dok Republika.co.id
Effendi Gazali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Effendi Gazali, mantan wartawan sepakbola sekaligus pakar komunikasi, berterima kasih kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan semua pihak yang sudah memperjuangkan nasib Indonesia di FIFA. Menurut Effendi, semua itu adalah perjuangan luar biasa untuk mengatasi kesedihan serius yang menimpa bangsa Indonesia karena dibatalkannya Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Praktisnya, kita jadi bisa menyaksikan Timnas kita bertarung di SEA Games mulai 29 April. Tidak terbayang bagi kita, kalau kita kena sanksi FIFA dan akibatnya kita terkucil dari pergaulan internasional," kata Effendi, Kamis (6/4/2023).

Namun di sisi lain Effendi berpendapat, kita harus bersungguh-sungguh melaksanakan transformasi sepakbola Indonesia. Cetak Biru Transformasi Sepakbola Indonesia yang dipresentasikan PSSI ternyata mampu meyakinkan FIFA. "Artinya itu sudah menjadi modal dasar yang signifikan," kata dia.

Karena itu, Effendi menilai harus segera dimulai pembangunan serta renovasi 22 stadion yang layak untuk event nasional dan internasional. Selain itu perlu juga pendidikan suporter dan fans bersama dengan civil society, serta tentu saja setumpuk pekerjaan rumah lain.

"Kita harus dukung apa yang bisa dilakukan bersama, sekecil apa pun. Karena ini kerja seluruh pemangku kepentingan dan pencinta bola," kata dia.

Di sisi lain, Effendi berharap Exco PSSI dapat bekerja secara kompak. "Kasihan juga Pimpinan yang berhasil memperjuangkan kita terhindar dari sanksi, tapi timnya tidak kompak dan tidak satu visi, karena masing-masing merasa terpilih sendiri-sendiri oleh KLB," ucap Effendi.

Sebelumnya FIFA menjatuhkan sanksi ringan kepada Indonesia terkait batalnya pagelaran Piala Dunia U-20. Beruntung, Indonesia hanya dikenakan sanksi tak mendapatkan jatah dana dari program FIFA Forward. Sanksi ini diterapkan hingga Indonesia bisa menerapkan transformasi sepak bola yang dijanjikan dengan maksimal.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukurnya karena Indonesia terhindar dari sanksi berat setelah FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Erick Thohir berkata FIFA memberikan sanksi administrasi kepada PSSI.

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepak bola, Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepak bola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," ujar Erick yang tengah berada di Paris, Prancis, Kamis (6/4/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement