Sabtu 08 Apr 2023 22:41 WIB

Gol Messidoro Buyarkan Kemenangan Persebaya Surabaya Atas Persis Solo

Hasil ini tak mengubah posisi kedua tim di papan klasemen sementara Liga 1.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Selebrasi pemain Persis Solo usai membobol gawang lawan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Selebrasi pemain Persis Solo usai membobol gawang lawan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Persebaya Surabaya akhirnya harus puas berbagi angka dengan Persis Solo pada pekan ke-33 Liga 1, Sabtu (8/4/2023) malam WIB. Unggul, 3-2, hingga masa injury time, Bajul Ijo dipaksa menutup laga dengan skor imbang, 3-3.

Gol penyeimbang kedudukan dicetak oleh gelandang serang Persis Solo, Alexis Messidoro, pada menit terakhir masa injury time. Dengan hasil imbang ini, kedua tim sama-sama gagal kembali ke jalur kemenangan setelah menelan kekalahan di laga sebelumnya.

Sementara Persis Solo menyerah, 1-3, di tangan Persib Bandung, Persebaya Surabaya dibekuk Persija Jakarta, 0-1, awal pekan ini. Tidak hanya itu, hasil ini juga tidak mengubah posisi kedua tim di papan klasemen sementara Liga 1. Persebaya masih terpaku di peringkat kedelapan, sedangkan Persis terdampar di posisi ke-11 klasemen sementara.

Jalannya Pertandingan

Persis Solo mencetak gol cepat dalam laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta tersebut, tepatnya pada menit kelima. Adalah Fernando Rodriguez yang mampu mengejutkan lini belakang Persebaya  dan mencatatkan namanya di papan skor.

Namun, memasuki menit ke-13, Bajul Ijo berhasil membalas. Muhamad Iqbal sukses memanfaatkan umpan dari Paulo Victor dengan sepakan kaki kiri. Enam menit berselang, Iqbal kembali merobek gawang Persis sekaligus membawa Bajul Ijo berbalik memimpin.

Kali ini, Iqbal memaksimalkan bola hasil umpan tarik Sho Yamamoto. Datang dari lini kedua, Iqbal menyambar bola dengan sepakan kaki kiri. Bek tengah Persis, Jaime Xavier, terlambat mengantisipasi kehadiran Iqbal di dalam kotak penalti. Total, tiga gol telah tercipta saat laga belum genap menginjak menit ke-20.

Pada sisa babak pertama, Persis mencoba untuk menyamakan kedudukan. Alexis Messidoro masih ditunjuk sebagai playmaker dalam bangunan serangan Laskar Sambernyawa. Namun, soliditas penampilan lini belakang Bajul Ijo selalu mampu mematahkan serangan Persis.

Persis justru dikejutkan dengan gol cepat Persebaya pada babak kedua. Alta Ballah melepaskan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti Persis dalam serangan pertama Persebaya pada babak pertama. Gol Alta Ballah ini tercipta saat babak kedua baru menginjak menit keempat.

Laskar Sambernyawa akhirnya bisa membalas. Fernando Rodriguez mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-61. Rodriquez memaksimalkan umpan tarik Abduh Lestaluhu, yang merangsek di sebelah kiri pertahanan dan melewati salah satu pemain bertahan Bajul Ijo.

Laga ini berujung dramatis, setidaknya buat Persis. Laskar Sambernyawa berhasil menyamakan kedudukan pada menit terakhir masa injury time, tepatnya pada menit ke-93. Bola sepakan tendangan bebas Messidoro bersarang mulus di sebelah kanan gawang Bajul Ijo. Gol itu sekaligus menutup laga ini.

Susunan Pemain:

Persis Solo (4-4-2)

Pandeynuwu (PG); Taufik, Ibo, Jaime, Lestaluhu; Kwan, Febriyanto, Messidoro, Bachdim; Rodriguez, Matsumura

Pelatih: Leonardo Medina

Persebaya Surabaya (4-3-3)

Ramadhani (PG); Ballah, Alfarid, Lelis, Catur; Yamamoto, Valente, Oktaviansyah; Iqbal, Victor, Supriadi

Pelatih: Aji Santoso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement