Ahad 09 Apr 2023 08:33 WIB

Dari Moose Games 2023, Indonesia Punya Bibit Pesenam Putri

Wakil Indonesia pesenam putri Alika Aishah Perdana berjaya di Moose Games Bangkok.

Alika Aishah Perdana, pesenam cilik Indonesia yang berjaya pada ajang Moose Games Bangkok 2023 yang digelar pada 25-29 Maret.
Foto: Dokpri
Alika Aishah Perdana, pesenam cilik Indonesia yang berjaya pada ajang Moose Games Bangkok 2023 yang digelar pada 25-29 Maret.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak dipertandingkannya nomor putri pada cabang senam di SEA Games 2023, Kamboja, Mei mendatang jelas merugikan Indonesia. Dua medali emas yang diraih pesenam putri nasional, Rifda Irfanaluthfi pada SEAG Hanoi 2021, praktis tidak bisa diulangi. Di Kamboja nanti, kontingan Merah Putih tinggal berharap pada dua atlet putra, Joseph Judah dan Abiyurafi yang akan bersaing dengan pesenam unggulan asal Filpina, Vietnam, dan Thailand, 

Meski para pesenam putri urung bertanding, tapi potensi pembinaan di sektor ini belakangan terus membaik. Digelarnya berbagai event senam usia dini pada level regional memunculkan benih-benih baru yang diharapkan menjadi andalan Indonesia di masa depan.

Baca Juga

Salah satu terdapat pada bocah berusia tujuh tahun, Alika Aishah Perdana. Siswi kelas 2 SD Binus School Serpong itu memborong medali emas untuk seluruh disiplin pada kategori usianya pada ajang Moose Games Bangkok 2023, yang digelar 25-29 Maret. Alika yang mewakili Kanika Gymnastic Club meraih semua medali emas untuk disiplin beam, bars, floors, dan vault. Putri pasangan Ryan Perdana dan Rizka Nurul Vega ini menjadi bintang klub Kanika di pentas senam kelompok umur internasional yang diikuti lebih dari 60 klub senam Asia, seperti dari China, Hongkong, Taiwan, Malaysia, dan Singapura.

"Prestasi para atlet muda di ajang internasional harus diapresiasi. Dalam kapasitas sebagai pembina olahraga, tentu kami ingin hal itu akan lebih memotivasi atlet, dan juga orang tua untuk terus mendukung. Apalagi bicara senam yang merupakan cabang olimpiade dan selalu ada di setiap multi event sehingga jika ada bibit-bibit baru di cabang ini harus diapresiasi," ujar Ade Lukman, Sekjen KONI Pusat, saat dihubungi media akhir Maret di Jakarta.

Moose Games Bangkok 2023 menjadi pentas invitasi senam bertaraf internasional yang kerap diadakan pada bulan Maret atau April. Untuk tahun ini, ajang itu diselenggarakan Thai Canadian Community Sports di Bangkok, Thailand. Selain klub senam, peserta ajang ini juga mewakili sekolah-sekolah internasional yang tersebar di Asia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement