Senin 10 Apr 2023 04:26 WIB

Ini Lima Pemain Hebat Dunia yang Merupakan Jebolan Piala Dunia U-20

Dani Alves dan Andres Iniesta pernah beradu di final Piala Dunia U-20 2023.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Sergio Aguero dan rekan-rekannya di timnas U-20 Argentina merayakan keberhasilan menjuarai Piapa Dunia U-20 di Kanada pada 2007 silam.
Foto: EPA/WARREN TODA
Sergio Aguero dan rekan-rekannya di timnas U-20 Argentina merayakan keberhasilan menjuarai Piapa Dunia U-20 di Kanada pada 2007 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dicabutnya Indonesia dari status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 tak hanya menyebabkan kerugian secara materi. Namun masyarakat Indonesia tak bisa menyaksikan talenta-talenta muda calon bintang sepak bola dunia di masa depan.

FIFA membatalkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia Mei mendatang beberapa minggu lalu. Dalam keterangan resminya, FIFA menyebut dengan situasi yang tidak memungkinkan digelar turnamen tersebut di Indonesia maka status tuan rumah dicabut. FIFA telah menunjuk Argentina sebagai tuan rumah pengganti.

Baca Juga

Sejarah membuktikan bahwa Piala Dunia U-20 menjadi awal dari kebintangan pemain muda di masa depan. Setidaknya ada lima pemain top dunia saat ini yang pernah memperkuat tim nasionalnya masing-masing di Piala Dunia U-20:

 

1. LIONEL MESSI

Messi adalah mega bintang sepak bola dunia. Namanya sangat tersohor. Usai memimpin Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar, La Pulga disambut layaknya “Dewa” di seluruh dunia, khususnya di Argentina.

Messi menjadi bagian dari Tim Tango muda pada Piala Dunia U-20 2005 di Belanda. Di partai final Argentina mengalahkan Nigeria dengan skor 2-1. Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen sekaligus pencetak gol terbanyak dengan enam gol.

Setelah itu, nama Messi tak pernah pudar di lapangan hijau. Ia telah mengoleksi berbagai gelar bergengsi baik di level klub ataupun timnas seperti Liga Champions, La Liga, Copa del Rey, Copa Amerika, dan Piala Dunia.

 

2. ANDRES INIESTA

Iniesta salah satu gelandang terbaik dunia. Kecerdikannya di lapangan tengah membuat Barcelona meraih kejayaan. Di timnas Spanyol, ia juga menjadi bagian penting ketika menjuarai Piala Dunia 2010 dan dua kali Piala Eropa yakni 2008 dan 2012.

Namun sebelum menjadi pemain top, Iniesta sudah menunjukkan bakatnya di Piala Dunia U-20 2003 bersama Spanyol. Iniesta membawa Spanyol ke partai final meskipun gagal merengkuh juara karena kalah dari Brazil.

 

3. PAUL POGBA

Gelandang milik Juventus ini juga pernah merasakan Piala Dunia U-20 sebelum menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia. Pada 2013, ia membawa Prancis juara Piala Dunia U-20 di Turki. Di partai final Prancis mengalahkan Uruguay dengan skor 4-1 lewat adu penalti setelah di waktu normal bermain tanpa gol.

Pogba dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen. Setelah itu, Pogba menjadi bintang bersama klub-klub besar seperti Manchester United dan Juventus. Ia juga bintang Prancis ketika menjuarai Piala Dunia 2018 Rusia.

 

4. DANI ALVES

Alves salah satu bek sayap terbaik di dunia. Dia memiliki kecepatan dan umpan yang akurat. Ia mendapatkan banyak gelar bersama Barcelona. Sebelumnya dia juga menjadi bintang Brazil pada final Piala Dunia U-20 2003. Di final Brazil memenangkan pertandingan atas Spanyol.

 

5. SERGIO AGUERO

Aguero salah satu striker tajam yang pernah dimiliki Argentina dan Manchester City. Ia harus gantung sepatu lebih cepat karena masalah jantung. Aguero ikut merayakan kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022.

Aguero pernah menjadi bagian dari Argentina U-20 ketika menjadi juara di Piala Dunia U-20 2007 di Kanada. Di partai final Argentina mengalahkan Republik Ceska. Aguero dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen sekaligus pencetak gol terbanyak yakni enam gol.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement